Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Genap 100 Hari Kerja, Menteri AHY Jabarkan Capaian Tiga Arahan dari Presiden Joko Widodo

Perjalanan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri ATR/BPN telah genap 100 hari, selamaitu 3 arahaan Presiden Jokowi berhasil dikerjakan.

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Genap 100 Hari Kerja, Menteri AHY Jabarkan Capaian Tiga Arahan dari Presiden Joko Widodo
TRIBUNNEWS.COM/Rahmat W. Nugraha
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perjalanan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah genap 100 hari. 

Dalam kurun waktu tersebut, ia menjalankan tiga arahan utama dari Presiden Joko Widodo pada saat pelantikannya antara lain implementasi Sertipikat Tanah Elektronik, revisi peraturan Hak Guna Usaha (HGU)serta mempercepat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Menteri AHY menyampaikan bahwa per 31 Mei 2024 telah diterbitkan sebanyak 62.753 Sertipikat Tanah Elektronik.

Di mana dalam 100 hari kerjanya, telah diterbitkan 42.951 Sertipikat Tanah Elektronik

Capaian tersebut terus didorong dengan menargetkan implementasi layanan pertanahan elektronik di 104 Kantor Pertanahan se-Indonesia untuk tahun 2024.

Tak hanya itu, mulai tanggal 1 Juni 2024, Kementerian ATR/BPN juga secara resmi memberlakukan Sertipikat Tanah Elektronik.

“Transformasi digital ini merupakan backbone dari Reformasi Birokrasi, dari meningkatkan kinerja Kementerian ATR/BPN di seluruh bidang dan aspek public administration. Oleh karena itu, Kementerian ATR/BPN tidak ingin tertinggal bahkan kami ingin menjadi salah satu yang terdepan dalam transformasi digital,” tutur Menteri AHY di Jakarta, Jum'at (7/6/2024).

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta, Jumat (7/6/2024)
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta, Jumat (7/6/2024) (Tribunnews/Rahmat W. Nugraha)
BERITA REKOMENDASI

Selanjutnya, Menteri AHY mengatakan, carbon trading  potensial dan menguntungkan bagi ekonomi Indonesia serta sebagai bentuk merespons krisis iklim di Indonesia maupun dunia.

Terkait percepatan program PTSL yang ditargetkan sebanyak 120 juta bidang tanah pada tahun 2024, Menteri ATR/Kepala BPN menyebutkan saat ini telah mencapai 113,3 juta bidang tanah terdaftar.

“Dalam 100 hari terakhir berhasil kita tambah 2,4 juta bidang tanah yang teregistrasi. Alhamdulillah ini bisa kita lakukan secara progresif, kita mendapatkan penghargaan dari Bank Dunia dan ini disampaikan pada Land Conference di Washington DC,” tegasnya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas