Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tiga Syarat Kambing dan Sapi Layak sebagai Hewan Kurban

Memilih hewan kurban tak boleh sembarangan. Ada syarat yang harus dipenuhi.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
zoom-in Tiga Syarat Kambing dan Sapi Layak sebagai Hewan Kurban
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung memeriksan kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Iduladha 1445 H di depo penjualan hewan kurban, di Jalan Pasirluyu Selatan, Kelurahan Pasirluyu, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (10/6/2024). Pemeriksaan kesehatan hewan kurban tersebut untuk memastikan hewan yang dijual sehat dan layak kurban. Data pemeriksaannya akan dimasukan ke aplikasi e-selamat (Sehat, Layak, Makin Tenang) untuk memudahkan masyarakat atau pembeli yang akan membeli hewan kurban. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Berikut tips memilih hewan kurban yang sehat dari Pakar Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga, Prof Dr Suwarno drh MSi.

Ia mengatakan,  hewan kurban harus memenuhi tiga persyaratan penting yakni, memenuhi syariat islam, administratif dan teknis. 

1. Memenuhi Syariat Islam

Dalam syariat Islam seekor hewan kurban harus sehat, tidak cacat dan tidak kurus. 

Artinya, hewan kurban harus memiliki fisik yang sempurna tidak memiliki kekurangan atau kecatatan satupun. Hal itu memastikan agar hewan kurban memiliki fisik yang prima dan optimal. 

"Umumnya, hewan kurban harus jantan serta memiliki dua buah zakar yang utuh dan simetris, tidak boleh memiliki ukuran yang besar sebelah. Tidak hanya itu, struktur tanduk dan ekor juga harus sempurna, tidak pernah mengalami patah atau benturan,” imbuhnya dikutip dari laman Unair, Rabu (12/6/2024).

BERITA REKOMENDASI

Kecukupan umur pada hewan kurban juga harus diperhatikan. Untuk kambing atau domba harus berumur diatas satu tahun.

Sementara sapi atau kerbau harus berumur di atas dua tahun. 

Kecukupan umur dapat ditandai dengan pertumbuhan gigi dari hewan kurban

“Kambing atau domba yang telah berumur diatas satu tahun dapat ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. Sedangkan, untuk sapi dan kerbau yang berumur diatas dua tahun umumnya telah memiliki sepasang gigi tetap,” ujar Prof Suwarno. 

2. Kesejahteraan Hewan

Kesejahteraan hewan kurban meliputi hewan kurban harus terbebas dari rasa lapar, tidak nyaman dan rasa sakit atas penyakit serta melakukan perilaku alamiah seorang hewan. 

Artinya, hewan kurban harus memiliki asupan gizi dan nutrisi harus baik. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas