Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua Komisi I DPR RI Berharap Ajakan Prabowo Subianto di KTT Yordania Disambut Positif Negara Lain

Lebih jauh, Meutya juga menekankan pentingnya penghormatan terhadap hukum internasional sebagai fondasi utama dalam menciptakan perdamaian dan stabili

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Ketua Komisi I DPR RI Berharap Ajakan Prabowo Subianto di KTT Yordania Disambut Positif Negara Lain
Biro Humas Setjen Kemhan/Biro Humas Setjen Kemhan
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bersama Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein kembali duduk bersama dan menggelar pertemuan bilateral di penghujung kegiatan KTT "Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza?, di Amman, Yordania, Selasa (11/6/2024). Dalam pertemuan itu keduanya membahas rencana untuk meningkatkan upaya pemberian bantuan ke Gaza. Adapun disoroti bahwa bantuan ke Tepi Barat atau West Bank juga perlu semakin diperhatikan karena ada permintaan dari para warga di sana. Selain itu, keduanya membahas kemungkinan Indonesia dan Yordania untuk terus melanjutkan pengiriman bantuan langsung ke Gaza melalui udara atau airdrop. TRIBUNNEWS/HO/Biro Humas Setjen Kemhan 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, mengapresiasi sikap Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto yang mengajak seluruh pihak, khususnya negara-negara besar untuk patuhi hukum internasional terhadap kondisi di Gaza, Palestina.

Diketahui siakp itu disampaikan Prabowo dalam forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) bertajuk 'Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza' di Yordania.

"Sikap ini menunjukkan ketegasan Indonesia terhadap berbagai pelanggaran hukum internasional yang dilakukan Israel, namun negara-negara besar seolah abai dan terus membiarkan sehingga korban warga sipil di Gaza terus berjatuhan," ujar Meutya Hafid dalam keterangannya, Jumat (14/6/2024).

Lebih jauh, Meutya juga menekankan pentingnya penghormatan terhadap hukum internasional sebagai fondasi utama dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas global.

Atas hal itu, dirinya berharap seruan dari Prabowo itu direspons secara positif oleh komunitas internasional.

"Saya berharap seruan yang disampakan oleh Prabowo Subianto dapat direspon positif oleh komunitas internasional dan membawa perubahan nyata dalam upaya penyelesaian konflik di Gaza," ujar dia.

Baca juga: Panglima TNI Tegaskan Rencana Pengiriman Pasukan Ke Gaza untuk Operasi Kemanusiaan, Bukan Perdamaian

BERITA TERKAIT

Ketua DPP Partai Golkar itu juga menyatakan kalau, sikap dari Prabowo ini sebagai bentuk kepedulian Indonesia terhadap kondisi kemanusiaan di Palestina.

"Inisiatif ini menunjukkan komitmen Indonesia untuk terus mendukung perjuangan Palestina dengan cara damai dan bermartabat," tukas dia.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein, di Amman, Yordania, Senin (10/6/2024). Pertemuan tersebut membahas mengenai bantuan kemanusiaan dan perlindungan untuk rakyat Gaza.

Pertemuan kedua tokoh ini dilaksanakan di dalam rangkaian kegiatan Prabowo mewakili Presiden RI Joko Widodo pada acara konferensi tingkat tinggi "Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza" ("Seruan untuk Bertindak: Tanggap Darurat Kemanusiaan untuk Gaza") yang diselenggarakan hari ini, 11 Juni 2024. 

Baca juga: Tak Mau Kalah, AS Kirim Kapal Selam di Kuba, Saingi 4 Kapal Rusia

Dalam pertemuan itu, Prabowo menyampaikan bahwa Yordania telah menjadi salah satu mitra paling aktif dengan Indonesia dalam memperjuangkan rakyat Palestina

“Pemerintah Indonesia saat ini juga terus memantau dengan cermat perkembangan yang memburuk di Gaza,” ujar Prabowo.

“Jumlah korban jiwa dan luka terus meningkat. Indonesia sangat prihatin dengan kondisi masyarakat di Gaza yang sangat rentan saat ini,” lanjutnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas