Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hasyim Asy'ari Pernah Singgung Nafsu dan Surga-Neraka sebelum Terbukti Asusila ke Anggota PPLN

Hasyim pernah berbicara soal nafsu serta surga dan neraka sebelum terjerat kasus tindakan asusila terhadap anggota PPLN.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Hasyim Asy'ari Pernah Singgung Nafsu dan Surga-Neraka sebelum Terbukti Asusila ke Anggota PPLN
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari memberikan keterangan kepada wartawan saat konferensi pers pemecatan dirinya sebagai Ketua KPU oleh DKPP di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (3/7/2024). Dalam keterangannya, Hasyim Asy'ari hanya mengucapkan terima kasih kepada DKPP yang telah memberhentikan dirinya sebagai Ketua KPU pasca diberhentikannya Hasyim Asy'ari sebagai Ketua KPU oleh DKPP terkait kasus dugaan asusila kepada Anggota PPLN Den Haag. Hasyim pernah berbicara soal nafsu serta surga dan neraka sebelum terjerat kasus tindakan asusila terhadap anggota PPLN. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Hasyim As'yari resmi dipecat sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) lewat sidang etik yang digelar oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) usai terbukti melakukan tindakan asusila kepada salah satu anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda, berinisial CAT.

"Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Hasyim Asy'ari selaku Ketua merangkap Anggota Komisi Pemilihan Umum terhitung sejak putusan ini dibacakan," kata Ketua DKPP, Heddy Lukito saat membacakan putusan di Gedung DKPP pada Rabu (3/7/2024).

Dalam putusannya, DKPP menyatakan adanya hubungan badan secara paksa antara Hasyim dan CAT saat berada di sebuah kamar hotel di Den Haag, Belanda.

Sebelum melakukan hubungan badan, Hasyim disebut turut menghubungi hingga merayu CAT.

Akibatnya CAT pun terpaksa melakukan hubungan beberapa kali dengan Hasyim.

"Sehingga akhirnya pengadu merasa terpaska untuk beberapa kali pergi bersama teradu. Puncaknya, teradu memaksa pengadu untuk melakukan hubungan badan," kata anggota DKPP

Di sisi lain, jauh sebelum melakukan tindakan asusila, Hasyim pernah menyinggung soal nafsu serta surga dan neraka.

BERITA TERKAIT

Adapun terkait nafsu, Hasyim berbicara hal tersebut dalam konteks saat riuhnya wacana masa jabatan presiden tiga periode yang diwacanakan berbagai pihak.

Terkait hal itu, dia mengungkapkan bahwa setiap orang memiliki nafsu untuk menginginkan sesuatu tanpa adanya rasa syukur.

Menurutnya, hal tersebut merupakan insting alamiah dari manusia.

"Coba kita tanya kepada diri sendiri, bener nggak kalau kita cenderungnya pengin jadi apa, mau apa. Prinsip nafsu manusia atau basic instinct manusia itu pengin jadi apa atau mau apa," katanya saat masih menjabat sebagai anggota KPU dalam program Gaspol di YouTube Kompas.com yang ditayangkan pada 22 Maret 2022 lalu.

Baca juga: Ketua Komisi II DPR Prihatin Hasyim Asyari Dipecat dari Jabatan Ketua KPU: Jadi Pelajaran bagi Semua

Hasyim lalu mengungkapkan bahwa nafsu yang dimiliki manusia sehingga tidak merasa puas membuat Tuhan menciptakan surga dan neraka.

"Itulah manusia. Makanya nantinya disediakan surga dan neraka. Kalau surga semua, terus nggak ada nerakanya gimana," katanya.

Di sisi lain, Hasyim menilai adanya nafsu dalam konteks wacana masa jabatan tiga periode oleh presiden merupakan hal lumrah sebagai manusia.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas