Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pesan Prabowo ke Calon Perwira Remaja TNI-Polri: Menuntut Pengorbanan, Nasib Rakyat di Pundakmu

Menurut Prabowo, pembangunan akan menjadi sia-sia kalau negara tidak mampu melindungi rakyatnya.

Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Pesan Prabowo ke Calon Perwira Remaja TNI-Polri: Menuntut Pengorbanan, Nasib Rakyat di Pundakmu
Istimewa
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memberikan pembekalan kepada 906 calon perwira remaja (capaja) TNI-Polri 2024 di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memberikan pembekalan kepada 906 calon perwira remaja (capaja) TNI-Polri 2024 di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2024).

Di hadapan 906 capaja yang terdiri dari 417 capaja TNI AD, 129 capaja TNI AL, 113 Capaja TNI AU, dan 247 capaja Polri itu, Prabowo mengatakan bahwa menjadi prajurit TNI dan Polri adalah panggilan pengabdian yang mulia.

Dan profesi yang diambil tersebut membutuhkan kerelaan hingga pengorbanan.

“Saya harus ingatkan bahwa profesi yang Anda pilih menuntut pengorbanan yang besar serta kerelaan yang sebesar-besarnya yang menuntut jiwa dan ragamu,” kata Prabowo. 

Dalam pidato pembekalannya, Prabowo menekankan kepada ratusan calon perwira remaja TNI dan Polri tersebut agar menjadi seorang tentara dan polisi yang kuat dan hebat.

Baca juga: Kondisi Pemulung Wanita di Palu usai Ditembak Oknum TNI AU, Dituduh Maling saat Ambil Botol Bekas

Ia pun mengingatkan kembali, tujuan awal nasional dalam pembukaan Undang-undang Dasar (UUD) 1945 yang pertama adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumbah darah Indonesia.

"Yang pertama, melindungi baru memajukan kesejahteraan. Jadi ekonomi, kemakmuran itu kedua pertama melindungi baru mencerdaskan, baru Pendidikan, melaksanakan ketertiban dunia," kata Prabowo.

BERITA TERKAIT

Menurut Prabowo, pembangunan akan menjadi sia-sia kalau negara tidak mampu melindungi rakyatnya.

"Untuk apa, kita bangun gedung-gedung, untuk apa kita bangun pelabuhan, bandara untuk apa kita bangun kereta api, untuk apa kita bangun jalan raya, untuk apa kita bangun waduk kalau negara ini tidak utuh tidak aman tidak terlindungi," kata Prabowo.

Baca juga: Mabes Polri Didemo usai Viral Catar Akpol Polda NTT Mayoritas Bukan Putra Daerah, Tuntut Investigasi

Oleh karena itu, Prabowo menekankan TNI dan Polri harus menjadi garda terdepan untuk melindungi seluruh bangsa Indonesia.

"Jadi, saudara-saudara masuknya kalian ke dalam TNI dan Polri adalah bagian dari tujuan nasional. Kita butuh tentara yang sangat kuat, kita butuh kepolisian yang sangat hebat. Ini survival kita sebagai bangsa," tegas Prabowo.

"Nasib bangsa dan rakyatmu berada di pundakmu. Kau dipilih, digembleng pada saatnya kau harus membela Tanah Air," sambungnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas