Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jenderal Listyo Sigit Prabowo Unjuk Kebolehan Menembak saat Resmikan Kapolri Cup 2024

Listyo Sigit meresmikan Lomba Menembak Kapolri Cup dengan unjuk kebolehan meletuskan tembakan menggunakan senjata laras panjang.

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jenderal Listyo Sigit Prabowo Unjuk Kebolehan Menembak saat Resmikan Kapolri Cup 2024
Tribunnews.com/Fahmi Ramadhan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat unjuk kebolehan menembak saat membuka Lomba Kapolri Cup 2024 di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka secara resmi gelaran lomba menembak Kapolri Cup 2024 di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/7/2024).

Lomba menembak Kapolri Cup 2024 ini sudah dihelat sejak 6 Juli 2024 lalu dan dilakukan dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-78.




Pantauan Tribunnews.com di lokasi, Listyo Sigit meresmikan acara itu dengan unjuk kebolehan meletuskan tembakan menggunakan senjata laras panjang.

Tak hanya Kapolri, Ketua Harian Kompolnas Irjen Pol (Purn) Benny Mamoto, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu dan Kasum TNI Letjen Bambang Ismawan juga turut hadir dan ikut melesatkan tembakan dalam acara tersebut.

Baca juga: Meriahkan Bhayangkara Fest 2024 di Aceh, Ini Cara Anak Muda Sosialisasi Jaga Kebersihan Lingkungan

Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pimpinan redaksi media massa, salah satunya Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra.

Sebelumnya Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan lomba menembak yang digelar selama 9 hari lamanya terhitung sejak 6 - 14 Juli 2024 diikuti oleh 1.095 peserta.

BERITA TERKAIT

Salah satu tujuan lomba ini adalah untuk menjaring dan membina para atlet menembak baik dari internal dan eksternal Polri.

"Maksud dan tujuan dari perlombaan menembak ini juga sebagai bagian daripada penjaringan dan bekerja sama dengan Perbakin untuk pembinaan atlet menembak. Baik tentunya sebagai atlet dan sipil maupun juga dari internal kepolisian, serta melibatkan tiga angkatan, baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara," kata Trunoyudo kepada wartawan, Kamis (11/7/2024).

Trunoyudo merincikan dalam lomba tersebut ada beberapa kategori di antaranya kategori sasaran atau target dibuka untuk peserta dari atlet Perbakin memiliki 19 jenis tembak sasaran atau target

19 jenis itu yakni 50m pistol man individu dan tim, 10m air rifle men individu dan tim, 10m air rifle women individu dan tim, 10m air rifle men youth individu dan tim, 10m air rifle women youth individu dan tim, 25m pistol women individu dan tim, 25m rapid fire pistol individu dan tim, 10m air pistol men individu dan tim.

Baca juga: HUT Bhayangkara ke-78, Usman Hamid Minta Polisi Berhenti Bersikap Sewenang-wenang

Selain itu ada 10m air pistol men youth individu dan tim, 10m air pistol women individu dan tim, 10m air pistol women youth individu dan tim, 50m r 3x20 men individu dan tim, 50m r 3x20 women individu dan tim, 10m running target men standard individu, 10m running target men mixed individu, 10m running target women standard individu, 10m running target women mixed individu, 10m air pistol mixed team dan 10m air rifle mixed team.

Selanjutnya, kategori kedua yakni tembak reaksi dapat diikuti oleh peserta dari personel TNI/Polri dan anggota Perbakin yang terbagi menjadi dua bagian.

"Pertama IPSC (yang bersertifikat) dengan kategori open division, standard division, production division, production optic division, classic division, revolver division, PCC optic, PCC iron. Kedua non IPSC A(tidak bersertifikat) dengan kategori pistol kategori putra dan pistol kategori putri," ungkapnya.

Trunoyudo menyebut kategori lomba yang ketiga yakni bidang tembak eksekutif atau duel plat yang diikuti oleh peserta dari TNI/Polri dan para pimpinan Kementerian/Lembaga serta media.

Di mana bidang tembak ini dibagi menjadi 7 kategori, yaitu kategori VVIP (bintang 4 dan bintang 3) dan dan VVIP, kategori PJU Mabes Polri, Kapolda dan Wakapolda, kategori Jenderal (4 Angkatan), kategori Pemred dan media, kategori Pamen, kategori Pama dan Bintara atau Tamtama dan terakhir kategori Polwan.

Trunoyudo mengatakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan jajaran pejabat lainnya bakal hadir di puncak acara pada Sabtu (13/7) mendatang.

"Peserta dalam kategori menembak ini, sudah sebanyak 1095 peserta, yang terdiri dari kategori menembak sasaran sebanyak 582 peserta. Kemudian kategori tembak duel plat sebanyak 199 peserta, dan kategori tembak reaksi sebanyak 714 peserta," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas