Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Meutya Hafidz Kecam Insiden Penembakan terhadap Donald Trump: Kekerasan Politik Tak Memiliki Tempat

Meutya mengingatkan peristiwa ini dijadikan momen untuk mengingatkan semua pihak terus menghormati sistem demokrasi dan adanya perbedaan pendapat.

Penulis: Reza Deni
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Meutya Hafidz Kecam Insiden Penembakan terhadap Donald Trump: Kekerasan Politik Tak Memiliki Tempat
Surya Malang
Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, mengecam keras insiden penembakan terhadap calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump saat berkampanye di Pennsylvania. Foto Thomas Matthew Crooks dan peristiwa penembakan Donald Trump. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafidz, mengecam keras insiden penembakan terhadap calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump saat berkampanye di Pennsylvania.

Meutya menyinggung soal kekerasan politik.




"Kekerasan politik dalam bentuk apapun tidak memiliki tempat di masyarakat kita. Kita harus berani melawan segala bentuk kekerasan yang mengancam demokrasi," kata Meutya dalam keterangannya, Senin (15/7/2024).

Meutya pun mengingatkan agar peristiwa ini dijadikan momen untuk mengingatkan semua pihak terus menghormati sistem demokrasi dan adanya perbedaan pendapat.

Baca juga: Update Penembakan Donald Trump: Bahan Bom Ditemukan, Pelaku Anggota Klub Olahraga Tembak

"Kami turut berbelasungkawa dan menyampaikan rasa duka mendalam terhadap para korban, dan berharap Donald Trump serta korban lainnya segera pulih," pungkasnya.

Sebelumnya Federal Bureau of Investigation (FBI) selidiki penembakan kampanye Donal Trump.

BERITA TERKAIT

Dilansir dari Reuters, Donald Trump ditembak di telinga saat kampanye pada hari Sabtu (13/7/2024).

Dalam serangan tersebut, menyebabkan wajah calon presiden dari Partai Republik itu berlumuran darah dan mendorong agen keamanannya untuk mengerumuninya.

Usai penembakan, Donal Trump muncul dan mengepalkan tinjunya ke udara, sambil mengucapkan kata-kata "Lawan! Lawan! Lawan!"

Tembakan itu tampaknya berasal dari luar area yang dijaga oleh Secret Service.

FBI mengatakan telah memimpin penyelidikan atas serangan itu. FBI telah mengidentifikasi tersangka penembak.

Pelaku merupakan seorang pria Pennsylvania berusia 20 tahun.

Baca juga: Motif Thomas Matthew Crooks Menembak Donald Trump, Terungkap Soal Senjata yang Digunakan

Penembak diketahui tewas. Satu peserta pawai tewas dan dua penonton lainnya terluka.

"Insiden itu diselidiki sebagai upaya pembunuhan," dilansir dari Reuters, Minggu (14/7/2024).

Petugas penegak hukum mengatakan kepada wartawan bahwa mereka telah mengidentifikasi tersangka penembakan tetapi belum siap untuk mengumumkannya ke publik.

Mereka juga mengatakan belum mengidentifikasi motifnya.

Kandidat Partai Republik Donald Trump terlihat dengan darah di wajahnya dikelilingi oleh agen dinas rahasia saat ia turun dari panggung pada acara kampanye di Butler Farm Show Inc. di Butler, Pennsylvania, 13 Juli 2024. - Kandidat Partai Republik Donald Trump dievakuasi dari panggung pada rapat umum hari ini setelah terdengar seperti suara tembakan di acara di Pennsylvania, menurut AFP. Mantan presiden AS itu terlihat dengan darah di telinga kanannya ketika dia dikelilingi oleh agen keamanan, yang mendorongnya turun dari panggung saat dia melakukan pukulan pertamanya ke arah kerumunan.
Trump dimasukkan ke dalam SUV dan dibawa pergi. (Rebecca DROKE / AFP)
Kandidat Partai Republik Donald Trump terlihat dengan darah di wajahnya dikelilingi oleh agen dinas rahasia saat ia turun dari panggung pada acara kampanye di Butler Farm Show Inc. di Butler, Pennsylvania, 13 Juli 2024. - Kandidat Partai Republik Donald Trump dievakuasi dari panggung pada rapat umum hari ini setelah terdengar seperti suara tembakan di acara di Pennsylvania, menurut AFP. Mantan presiden AS itu terlihat dengan darah di telinga kanannya ketika dia dikelilingi oleh agen keamanan, yang mendorongnya turun dari panggung saat dia melakukan pukulan pertamanya ke arah kerumunan. Trump dimasukkan ke dalam SUV dan dibawa pergi. (Rebecca DROKE / AFP) (AFP/REBECCA DROKE)

Tokoh terkemuka dari Partai Republik dan Demokrat dengan cepat mengutuk kekerasan tersebut.

Sebagai informasi, tim kampanye Trump umumkan Donal Trump saat ini dalam kondisi baik-baik saja.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas