Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prabowo akan Balas Kunjungan PM Papua Nugini, Kebijakan Jokowi Buat James Marape Gembira

Prabowo mengatakan, Jokowi membina hubungan baik dengan negara-negara tetangga dan banyak bidang kerja sama yang dapat dipererat ke depannya.

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Prabowo akan Balas Kunjungan PM Papua Nugini, Kebijakan Jokowi Buat James Marape Gembira
Dok. Kemhan
Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape beserta rombongan di kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, Jakarta, Senin (15/7/2024).  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto berencana akan mengunjungi Papua Nugini (PNG) usai dilantik sebagai Presiden RI, Oktober 2024 mendatang.

Rencana kunjungan Prabowo itu sebagai balasan kunjungan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape beserta rombongan ke Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI di Jakarta hari ini. 

“Salah satu tindakan saya nanti antara lain juga saya akan di awal pemerintahan saya, saya akan berkunjung ke Papua Nugini,” ujar Prabowo kepada wartawan usai menerima kunjungan James Marape di Kemhan RI, Jakarta, Senin (15/7/2024).




“Beliau sangat ingin memelihara hubungan yang dekat sama Indonesia. Dan saya juga demikian. Saya ingin melanjutkan kebijakan-kebijakan Presiden Joko Widodo dan mereka sangat gembira,” lanjut Prabowo.

Prabowo mengatakan, Jokowi membina hubungan baik dengan negara-negara tetangga dan banyak bidang kerja sama yang dapat dipererat ke depannya.

“Hubungan Pak Joko Widodo sama tetangga-tetangga kita sangat baik. Presiden Joko Widodo baru saja berkunjung ke PNG. Saya juga berjanji akan segera berkunjung. Banyak bidang yang kita bisa lanjutkan kerja sama. Mereka bertekad untuk bekerja sama dengan kita,” tegas Prabowo.

Baca juga: Menghitung Pengaruh Jokowi dan Cara Prabowo agar Tak Didikte Gibran Bersama Bapaknya

Papua Nugini juga dianggap Prabowo memiliki filosofi hidup bernegara yang sama dengan Indonesia, yakni saling menghormati semua kekuatan yang dimiliki negara masing-masing.

BERITA TERKAIT

“Kita ingin memelihara hubungan yang baik. Mereka juga punya filosofi yang sama dengan kita. Mereka ingin menghormati semua negara, semua kekuatan. Kita punya pandangan hampir sama, menghormati semua negara,” tutup Prabowo.

Selain bertemu Menhan sekaligus presiden terpilih RI Prabowo Subianto, PM Papua Nugini James Marape lebih dulu bertemu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor Jawa Barat, Senin (15/7/2024).

Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan duka cita atas bencana tanah longsor di Papua Nugini pada Mei 2024 lalu.

"Selamat datang kembali di Indonesia. Izinkan saya sekali lagi, menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah tanah longsor di Provinsi Enga di PNG," kata Jokowi saat membuka pidatonya.

Jokowi mengatakan, Indonesia telah mengirimkan bantuan untuk korban bencana longsor di Papua Nugini. Dia berharap bantuan tersebut dapat membantu warga terdampak bencana.

Prabowo Ajak Pertukaran Pendidikan Perwira Muda

Kedatangan Perdana Menteri Papua Nugini James Marape di Kemhan RI disambut dengan jajar hormat sembari diiringi marching band.

Prabowo menyambut langsung kedatangan Marape. Ia menyebut suatu kehormatan besar Marape mau berkunjung ke Kemhan RI. "Beliau datang karena saya memang selain Menteri Pertahanan, saya presiden terpilih. Jadi, beliau ingin kenalan, tapi juga ingin memberi penghormatan. Saya kira ini penghormatan yang sangat baik,” ujar Prabowo.

Baca juga: Jokowi dan Prabowo Bakal Pisah Jalan di Pilgub Jateng? Parpol KIM Belum Bulat Tentukan Jagoan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas