Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Potensi Hujan di Musim Kemarau, BMKG: Normal dan Wajar Terjadi di Indonesia

Berikut penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) soal potensi hujan yang terjadi di musim kemarau di Indonesia.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Potensi Hujan di Musim Kemarau, BMKG: Normal dan Wajar Terjadi di Indonesia
Pixabay/Pexels
Ilustrasi prakiraan cuaca - Berikut penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) soal potensi hujan yang terjadi di musim kemarau di Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) soal hujan yang terjadi di musim kemarau di Indonesia.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menegaskan, bahwa fenomena hujan deras di musim kemarau yang terjadi belakangan ini bukanlah anomali iklim.

Menurutnya, kondisi tersebut adalah sesuatu yang normal dan wajar terjadi di Indonesia, mengingat letak geografis Indonesia yang berada di antara dua benua, yaitu Australia dan Asia dan dua samudra yaitu Pasifik dan Hindia.

"Letak geografis ini menjadikan Indonesia memiliki dua musim yang berbeda, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Angin monsun barat dari Benua Asia membuat Indonesia mengalami musim hujan."

"Sementara secara umum, musim kemarau di Indonesia berkaitan dengan aktifnya angin monsun timur dari Australia yang bersifat kering," ungkap Dwikorita, dikutip dari Siaran Pers BMKG.

Lebih lanjut, Dwikorita menjelaskan, meski berstatus musim kemarau, namun bukan berarti tidak turun hujan sama sekali.

Melainkan curah hujan di suatu tempat kurang dari 50 mm/dasarian dan terjadi minimal tiga dasarian berturut-turut.

BERITA TERKAIT

Musim kemarau sendiri, tidak terjadi secara bersamaan di Indonesia dan berlangsung dengan durasi yang berbeda antar wilayah.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan BMKG, hingga akhir Juni 2024 menunjukkan bahwa sebanyak 43 persen Zona Musim di Indonesia sedang mengalami musim kemarau.

Adapun puncak musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia akan terjadi pada bulan Juli dan Agustus 2024, mencakup 77,27 persen wilayah zona musim.

Baca juga: Suhu Dingin Bediding Landa RI di Tengah Kemarau, Sampai Kapan? Ini Kata BMKG

Dwikorita mengatakan, meskipun musim kemarau sedang terjadi di sebagian wilayah Indonesia, namun tidak selalu menunjukkan kondisi iklim yang kering dan panas, karena keragaman iklim di Indonesia tidak hanya dipengaruhi oleh kondisi musim.

Adapun beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi keragaman iklim di Indonesia yaitu faktor global misalnya fenomena El Nino/La Nina, faktor regional misalnya Madden Julian Oscillation dan menghangatnya suhu permukaan laut di sekitar Indonesia, dan faktor lokal misalnya adanya angin darat-angin laut.

"Sebuah kejadian cuaca, umumnya merupakan hasil interaksi dari berbagai faktor tersebut," imbuhnya.

(Tribunnews.com/Latifah)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas