Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PROFIL Sudaryono, Politisi Gerindra yang Akan Jadi Wamentan, Sempat Digadang Lawan Kaesang di Jateng

Kabar pelantikan Sudaryono cukup mengejutkan di tengah kabar dirinya bersiap maju di Pilgub Jawa Tengah.

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in PROFIL Sudaryono, Politisi Gerindra yang Akan Jadi Wamentan, Sempat Digadang Lawan Kaesang di Jateng
ist
Politikus Partai Gerindra Sudaryono akan segera dilantik menjadi Wakil Menteri Pertanian. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Santer kabar beredar menyebutkan politikus Partai Gerindra Sudaryono akan segera dilantik menjadi Wakil Menteri Pertanian.

Selain Sudaryono, politisi Gerindra lainnya, Thomas Djiwandono, juga dikabarkan akan dilantik jadi Wakil Menteri Keuangan.

Bahkan ada yang menyebut bahwa Menteri Sekretaris Negara Pratikno sudah meminta Sudaryono dan Thomas untuk bersiap pada hari ini, Kamis, 18 Juli 2024.




Kabar pelantikan Sudaryono cukup mengejutkan di tengah kabar dirinya bersiap maju di Pilgub Jawa Tengah.

Pasalnya, nama Sudaryono juga digadang akan berhadapan dengan Kapolda Jateng Ahmad Luthfi dan putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep di Pilkada Jateng mendatang.

Pasca-survei Litbang Kompas yang memperlihatkan rendahnya elektabilitas Kaesang di Jakarta, muncul spekulasi putra presiden tersebut bakal mengalihkan persiapan ke Jawa Tengah.

Sosok Sudaryono

BERITA TERKAIT

Pada Pilkada Jateng, namanya santer akan diusung Gerindra, mengingat posisinya sebagai Ketua DPD Gerindra Jateng sekaligus memiliki hubungan baik dengan Prabowo.

Bahkan, di Pilpres 2024 Sudaryono mampu menggembosi suara Ganjar Pranowo-Mahfud MD di kandang banteng.

Sehingga, melihat pengaruhnya yang kuat itu, Sudaryono pun digadang-gadang untuk ikut Pilkada Jateng.

Pengamat Politik Universitas Diponegoro (Undip) Fitriyah, mengatakan jika Gerindra berkoalisi dengan parpol lain, maka sudah bisa memenuhi syarat untuk mengusung calon gubernur.

"Prinsipnya dia (partai) harus punya kursi 20 persen untuk bisa mengusung. Jadi sepertinya bisa. Kalau 24 kursi dari 120, total 20 persennya cukup," kata Fitriyah dikutip dari Tribun Jateng, beberapa waktu lalu.

Fitriyah juga menilai dibanding calon-calon yang lain, Sudaryono lebih jelas dibandingkan kandidat lainnya untuk maju dalam Pilgub Jateng 2023 mendatang, seperti nama Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul serta Hendrar Prihadi dari PDIP.

"Sekarang memang banyak nama-nama yang muncul dan mas Daryono ini, dia sepertinya lebih fix dibanding (nama) yang lain (untuk maju cagub)," tegasnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas