Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Thomas Djiwandono-Sudaryono Jadi Wamen, Jokowi Dinilai Pastikan Loyalis Prabowo Adalah Orangnya

Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno menanggapi dilantiknya Thomas Djiwandono dan Sudaryono menjadi Wamen di Kabinet Indonesia Maju.

Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Thomas Djiwandono-Sudaryono Jadi Wamen, Jokowi Dinilai Pastikan Loyalis Prabowo Adalah Orangnya
BPMI Setpres
Wakil Menteri Keuangan Thomas A.M. Djiwandono Memberikan Keterangan Pers didampingi Yuliot sebagai Wakil Menteri Investasi dan Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/07/2024) | Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno menanggapi dilantiknya orang-orang dekat Prabowo Subianto, yakni Thomas Djiwandono dan Sudaryono menjadi Wamen di Kabinet Indonesia Maju. 

TRIBUNNEWS.COM - Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno menanggapi soal dilantiknya orang-orang dekat Prabowo Subianto menjadi Wakil Menteri (Wamen) di Kabinet Indonesia Maju (KIM) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Diketahui Jokowi telah melantik Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan, Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian, dan Yuliot Tanjung sebagai Wakil Menteri Investasi atau Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/7/2024) kemarin.

Dari tiga Wamen baru Jokowi itu, dua di antaranya adalah orang-orang dekat dari Prabowo Subianto.




Yakni Thomas Djiwandono yang merupakan keponakan dari Prabowo, serta Sudaryono yang sempat menjadi asisten pribadi Prabowo.

Menanggapi hal tersebut, Adi menilai Jokowi ingin memastikan bahwa orang-orang dekat Prabowo adalah orang-orangnya Jokowi juga.

Selain itu Adi juga menganggap Jokowi ingin menegaskan ke publik bahwa orang-orang di sekitar Prabowo juga merupakan bagian dari perannya.

"Pak Jokowi sebenarnya ingin memastikan bahwa orang-orangnya Prabowo adalah orang-orangnya Jokowi," kata Adi dilansir Kompas.com, Jumat (19/7/2024).

BERITA TERKAIT

Adi mengungkap, Thomas Djiwandono dan Sudaryono ini memang sudah diprediksi sejak lama akan masuk dalam jajaran kabinet.

Namun bukan kabinet Indonesia Maju yang kini hanya tersisa tiga bulan saja masa jabatannya.

Melainkan masuk dalam kabinet Prabowo-Gibran kelak, ketika mereka resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden yang baru.

"Tapi kabinet Prabowo dan Gibran (Thomas dan Sudaryono masuk jajaran menteri), bukan saat Jokowi masih jadi presiden," imbuh Adi.

Baca juga: Pernyataan Lengkap 3 Wakil Menteri usai Dilantik Presiden Jokowi, Ungkap Tugas Masing-masing

Di sisa tiga bulan masa jabatan Jokowi ini, Adi melihat pelantikan tiga Wamen baru ini sebagai upaya Jokowi menyatukan kepentingan politik Prabowo.

Selain itu Jokowi juga dianggap ingin memperlihatkan bahwa orang-orang dekat Prabowo yang dipersiapkan untuk masuk kabinet kini sudah menjadi bagian dari Jokowi.

"Ini yang sepertinya bahwa ketika jokowi tinggal 3 bulan masa kekuatan politiknya, orang-orang terdekat Prabowo ini adalah orang-orang yang sebenarnya ingin coba untuk dikawinkan kepentingan politiknya."

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas