Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jual Puluhan WNI untuk Dijadikan PSK di Australia, Dua Muncikari Raup Rp500 Juta

FLA dicokok polisi lantaran diduga mengirimkan sejumlah wanita asal Indonesia untuk dipekerjakan menjadi Pekerja Seks Komersial (PSK) di Sydney.

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Jual Puluhan WNI untuk Dijadikan PSK di Australia, Dua Muncikari Raup Rp500 Juta
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Djuhandani Rahardjo Puro bersama Karopenmas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dan Federal Agent dari Australian Federal Police (AFP) Cybercrime dan Child Sex Exploitation Luke Nasir menunjukkan barang bukti saat konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (23/7/2024). Dirtipidum Bareskrim Polri bekerja sama dengan Australian Federal Police (AFP) dengan nama 'Operation Mirani' mengungkap tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan korban WNI sebanyak 50 orang yang dipekerjakan sebagai pekerja seks komersil dengan menetapkan satu orang tersangka berinisial FLA (36). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Aime Azzahra Salsabila Putri dari Jakarta

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri bersama Australian Federal Police (AFP) mengungkap kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (23/7/2024).

Dalam kasus itu polisi menangkap seorang wanita berusia 36 tahun berinisial FLA.

Baca juga: Bareskrim Polri Bongkar Kasus TPPO di Sydney, 50 Wanita Indonesia Dijadikan PSK

Ia ditangkap di Perumahan Semanan Indah, Blok G No.3a, Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat pada 18 Maret 2024.

FLA dicokok polisi lantaran diduga mengirimkan sejumlah wanita asal Indonesia untuk dipekerjakan menjadi Pekerja Seks Komersial (PSK) di Sydney, Australia.

“Yang bersangkutan berperan sebagai perekrut korban, menyiapkan visa dan tiket keberangkatan korban ke Sydney,” ungkap Dirtipidum Bareskrim Polri, Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro.

Baca juga: Bareskrim Polri Bongkar Kasus TPPO di Sydney, 50 Wanita Indonesia Dijadikan PSK

Dari pengakuan FLA kepada polisi, para wanita yang dikirim ke Sydney itu diserahkan pada SS alias Batman, pelaku lain yang berperan sebagai muncikari dan koordinator tempat prostitusi.

BERITA TERKAIT

“Tersangka SS alias Batman menjemput, menampung dan mempekerjakan para korban di beberapa tempat prostitusi, serta memperoleh keuntungan. Tersangka ditangkap AFP pada 10 Juli 2024 di Sydney, dan saat ini menjalani penahanan di kantor AFP.”

Usut diusut, FLA dan SS ternyata sudah bekerja sama sejak 2019 untuk mempekerjakan PSK asal Indonesia di Sydney.

Total sudah 50 orang perempuan yang mereka kirim ke Sydney untuk dijadikan pemuas nafsu lelaki hidung belang.

Dari kejahatan tersebut, keduanya meraup keuntungan hingga Rp500 juta.

Akibat perbuatannya, kedua pelaku dijerat pasal 4 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun minimal 3 tahun, dan denda paling sedikit Rp120 juta atau paling banyak Rp600 juta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas