Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

VIDEO 107 Peserta Lolos Administrasi Calon Anggota Kompolnas: Selanjutnya Tes Tertulis

Ketua Panitia Pansel Kompolnas, Hermawan Sulistyo mengatakan dari 137 peserta yang mendaftar,  107 peserta dinyatakan lolos administrasi.

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah melaksanakan penerimaan pendaftaran Calon Anggota Kompolnas periode 2024-2028.

Ketua Panitia Pansel Kompolnas, Hermawan Sulistyo mengatakan dari 137 peserta yang mendaftar,  107 peserta dinyatakan lolos administrasi.

Pendaftaran Seleksi Administrasi Peseta Calon Anggota Kompolnas Periode 2024-2028 ini dilaksanakan mulai tanggal 27 Juni 2024 sampai dengan tanggal 19 Juli 2024.




Sebanyak 137 orang mendaftar dari periode pendaftaran, terdiri dari 114 laki-laki dan 23 perempuan.

Setelah dinyatakan lolos adminitrasi, 107 peserta seleksi anggota kompolnas 2024-2028 akan menjalani tes tertulis dan wawancara lisan pada Selasa (3/7/2024) mendatang.

Para calon anggota kompolnas berasal dari beragam latar belakang mulai dari Akademisi, Advokat, Notaris, aktivis, Purnawirawan Polri, Purnawirawan TNI, pensiunan Jaksa, PNS, Jurnalis hingga wirawsasta.

Untuk informasi, Masa jabatan anggota Kompolnas periode 2020-2024 akan berakhir pada 11 Agustus 2024 mendatang.

BERITA TERKAIT

Untuk itu, Kompolnas sudah membentuk pansel calon anggota periode 2024-2028.

Adapun ada sembilan anggota pansel yang akan bekerja menyeleksi para calon anggota Kompolnas yang baru yang diketuai oleh Prof (Ris) Hermawan Sulistyo yang didampingi oleh Irwasum Polri Komjen Ahmad Dofiri sebagai Wakil Ketua.

Hermawan mengatakan bagi siapapun yang ingin memperbaiki Polri dipersilahkan untuk mendaftar.

Adapun pendaftaran dapat diakses melalui website www.kompolnas.go.id serta melalui surat elektronik (e-mail) ke alamat pansel@kompolnas.go.id.

"Masyarakat yang berminat untuk memperbaiki kepolisian Indonesia, berminat untuk memperbaiki masa depan republik ini, berbondong-bondong lah mendaftar," kata Hermawan di Kantor Kompolnas, Jakarta, Rabu (26/6/2024).

"Kami sangat menyarankan jangan hanya protes protes di sosmed, celometan, ini ada peluang untuk membantu perbaiki bangsa ini melalui keanggotaan di Kompolnas," sambungnya.

Hermawan mengatakan nantinya akan ada sejumlah tahapan yang harus dilalui oleh para pendaftar sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Dia menjelaskan sejumlah tahapan yang akan dilalui pendaftar, mulai dari pendaftaran, seleksi berkas, tes wawancara, tes kesehatan, hingga pengumuman.

"Jadi mulai besok 27 Juni itu sudah mulai pendaftaran online, silakan buka siapa saja yang memenuhi syarat-syarat dan ketentuan di dalam aturan yang kami sosialisasi kan ke ruang publik, silakan mendaftar ya," ujar dia.

Nantinya, Pansel Calon Anggota Kompolnas akan menyeleksi 12 nama peserta untuk diajukan ke presiden.

Kemudian presiden akan menetapkan enam Anggota Kompolnas Periode 2024-2028.

"Penyerahan 12 nama calon anggota Kompolnas, calon ini, nanti presiden akan menetapkan enam orang," ujar dia.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas