Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

DPR RI Dorong Imigrasi Cekal Ronald Tannur Bepergian ke Luar Negeri

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman menegaskan pihaknya bakal mendorong  pencekalan terhadap terdakwa  Gregorius Ronald Tannur ke luar negeri.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in DPR RI Dorong Imigrasi Cekal Ronald Tannur Bepergian ke Luar Negeri
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman saat ditemui awak media di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (29/7/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman menegaskan pihaknya bakal mendorong  pencekalan terhadap terdakwa  Gregorius Ronald Tannur ke luar negeri.

Ronald Tannur dibebaskan hakim dari dakwaan membunuh pacarnya Dini Sera Afriyanti.




Habiburokhman mengatakan pencekalan itu dilakukan sebab sejauh ini proses hukum masih berlangsung dan belum diputuskan secara inkrah demi hukum.

"Ya pencekalan kami sedang juga akan mendorong ya, dilakukan pencekalan kepada si Ronald ini karena memang perkara ini belum inkrah ya, masih kasasi. Seharusnya bisa dilakukan pencekalan karena memang belum inkrah, masih proses hukum," kata Habiburokhman saat ditemui awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (29/7/2024).

Dirinya menegaskan akan percuma proses hukum tetap terjadi namun yang bersangkutan justru bisa keluar negeri.

Adapun dorongan dilakukannya pencekalan itu akan dilakukan oleh DPR RI terhadap Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham) di seluruh pintu keluar negara Indonesia.

BERITA TERKAIT

"Akan percuma proses hukum, akan sia-sia proses hukum kalau sudah diputus, si terdakwanya sudah tidak ada di Indonesia. Itu menjadi concern kami soal pencekalan, kami akan maksimal ya dorong kepada Imigrasi, aparat terkait agar dilakukan pencekalan ini," tandas Habiburokhman.

Baca juga: Adukan Vonis Bebas Ronald Tannur ke DPR, Keluarga Tunjukkan Foto Jasad Dini, Ada Luka Bekas Ban

Keluarga Korban ke DPR

Hari ini, keluarga korban penganiayaan Dini Sera Afrianti mendatangi Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (29/7/2024).

Keluarga Dini yang datang yaitu ayahnya bernama Ujang dan adiknya, Afika.

Keduanya datang didampingi oleh pengacara keluarga Dini yaitu Dimas Yemahura.

Rapat itu dipimpin langsung oleh dua Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni dan Habiburokhman.

Kuasa hukum keluarga Dini, Dimas Yemahura pun sempat melakukan pemaparan terkait nasib kasus kematian Dini seusai Pengadilan Negeri Surabaya membebaskan Gregorius Ronald Tannur selaku terdakwa.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas