Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Pertama Berkantor di IKN, Jokowi Rapat di Istana, Ibu Negara Iriana Belanja ke Pasar

Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi melakukan aktivitas perdana di kantor Ibu Kota Nusantara di Kalimantan.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in Hari Pertama Berkantor di IKN, Jokowi Rapat di Istana, Ibu Negara Iriana Belanja ke Pasar
Humas Setkab
FOTO FILE: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/08/2023) 

TRIBUNNEWS.COM, NUSANTARA -  Hari ini, Senin (29/7/2024), secara resmi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mulai berkantor di Ibu kota Nusantara (IKN).

Jokowi akan berkantor di IKN selama beberapa hari ke depan.

Tidak sendirian, Jokowi di IKN bersama Ibu Negara Iriana Jokowi sejak kemarin.

Aktivitas Jokowi di Hari Pertama

Hari pertama berkantor di pusat administrasi pemerintah baru atau ibukota Indonesia yang baru, Presiden Jokowi mengajak rapat para kepala daerah dan Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Mereka diantaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN Basuki Hadimoeljono dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni, yang juga bertindak sebagai Pelaksana Tugas Wakil Kepala Otorita IKN.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno meninjau sejumlah ruangan yang ada di kawasan Istana Kepresidenan Ibu Kota Nusantara (IKN), termasuk Kantor Presiden, Senin (29/7/2024).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno meninjau sejumlah ruangan yang ada di kawasan Istana Kepresidenan Ibu Kota Nusantara (IKN), termasuk Kantor Presiden, Senin (29/7/2024). (Foto: Sekretariat Presiden)

Selain itu, hadir pula Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Presiden Jokowi mengadakan pertemuan khusus dengan Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Walikota Samarinda Andi Harun, serta Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun.

BERITA TERKAIT

"Alhamdulillah, kami mendapat kehormatan menerima undangan Pak Presiden di hari pertama beliau berkantor di IKN,” ujar Akmal Malik di Istana Garuda usai bertemu dengan Presiden.

Akmal Malik menyampaikan rasa terima kasihnya atas undangan dari Presiden Jokowi.

Dalam pertemuan tersebut, dia mengatakan beberapa isu penting menjadi topik pembahasan, termasuk persiapan Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia yang akan digelar di IKN.

Para kepala daerah menyatakan dukungan penuh mereka terhadap acara tersebut, menunjukkan kolaborasi kuat antara pemerintah pusat dan daerah dalam mengembangkan IKN.

Ibu Negara Belanja ke Pasar

Jika Presiden Jokowi rapat di istana, Ibu Negara Iriana Jokowi memilih mengunjungi Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan pada Senin (29/7/2024) pagi.

Dalam kunjungannya, Ibu Negara terlihat tertarik dengan berbagai produk khas Dayak yang ditawarkan di kios milik Purnama.

Purnama menjelaskan Ibu Iriana memilih barang-barang kecil dengan bentuk yang simpel namun menarik.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas