Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Konflik Jokowi dan Mega Meruncing, 3 Hal Diduga Jadi Penyebab, Termasuk Gagalnya Wacana 3 Periode

Dugaan akar penyebab makin runcingnya konflik antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Konflik Jokowi dan Mega Meruncing, 3 Hal Diduga Jadi Penyebab, Termasuk Gagalnya Wacana 3 Periode
Kolase Tribunnews
Dugaan akar penyebab makin runcingnya konflik antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. 

TRIBUNNEWS.COM - Pengamat politik, Hendri Satrio, mengungkapkan dugaan akar penyebab makin runcingnya konflik antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Hendri menilai ada pernyataan Megawati yang menunjukkan kemarahannya terhadap pemerintahan Jokowi saat berpidato dalam acara Perindo, Selasa (30/7/2024).

"Saya berasumsi Ibu Mega sedang geram terhadap pemerintahan negeri ini, sedang geram terhadap rezim penguasa, tapi sekaligus juga prihatin."

"Ibu Mega mengatakan 'kami kok dibeginikan? Salah saya apa?' Itu kalau kita acu ke dalam sebuah komunikasi politik, itu bentuk keprihatinan sekaligus juga marah," ungkap Hendri dalam dialog Indonesia Lawyers Club, Kamis (1/8/2024).

Menurut Hendri, setidaknya ada tiga dugaan penyebab meruncingnya konflik Jokowi dan Megawati.

1. Megawati Tak Setuju 3 Periode

Hendri menilai, Megawati memulai mengangkat bendera perang terhadap Jokowi saat menolak wacana masa jabatan presiden diperpanjang menjadi tiga periode.

"Malulah Pak Jokowi itu pada saat ketuanya tidak mengizinkan dirinya mengambil tiga periode, ternyata Ibu Mega begitu taatnya kepada hukum."

BERITA TERKAIT

"Tapi sudah tersebar kabar dia ingin tiga periode, jadi itu adalah asal muasalnya mungkin yang pertama kenapa Ibu Mega bertanya kenapa kami dibeginikan? Salah saya apa? Mungkin itu," ungkap Hendri.

2. Megawati Tolak Keberlanjutan

Alasan kedua menurut Hendri, Megawati menolak keberlanjutan.

"Ibu Mega menolak keberlanjutan dalam arti keberlanjutan kekuasaan, bukan keberlanjutan pelayanan atau perjuangan ideologis seperti yang seharusnya partai politik miliki."

"Apa itu? Ya ada anaknya masuk ke sana. Sehingga ibu Mega menggarisbawahi enggak boleh keberlanjutan seperti ini. Keberlanjutan harus tentang pelayanan, pembangunan, ideologi, bukan tentang kekuasaan," urainya.

Baca juga: Dari Anies sampai Edy Rahmayadi, 4 Sosok Ini Dinilai Sulit Maju Pilkada meski Elektabilitas Tinggi

3. Megawati Tidak Bisa Ditundukkan

Alasan ketiga menurut Hendri, Megawati menjadi satu-satunya ketua umum partai politik yang gagal ditundukkan Jokowi sampai hari ini.

"Dia sendirian aja gapapa, ketum-ketum parpol lain tunduk pada dirinya, pada diri Pak Jokowi," ungkap Hendri.

Hal itu terlihat dari perhelatan Pilkada di depan mata.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas