Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bidik Kemajuan Ilmu Pengetahuan, FT UI Kunjungi Sejumlah Universitas Ternama Inggris

Universitas Indonesia (UI) terus mengupayakan peningkatan kolaborasi N-Helix di level global lewat kerja sama dengan perguruan tinggi ternama di Inggr

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Bidik Kemajuan Ilmu Pengetahuan, FT UI Kunjungi Sejumlah Universitas Ternama Inggris
Dokumentasi FT UI
Delegasi Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) mengunjungi sejumlah universitas ternama di Inggris. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) terus mengupayakan peningkatan kolaborasi N-Helix di level global lewat kerja sama dengan perguruan tinggi ternama di negara lain.

Pada Fakultas Teknik (FT) UI, pengembangan kerja sama internasional mencakup identitikasi dan pemetaan universitas - universitas yang punya program dan penelitian unggulan sesuai visi - misi fakultas.

Dekan FT UI, Prof Heri Hermansyah mengatakan langkah-langkah strategis ini, diharapkan dapat membuka peluang baru bagi mahasiswa dan memperkuat posisi fakultas di kancah pendidikan tinggi internasional.

"Hal ini sejalan dengan komitmen FT UI untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan serta penelitian demi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memberikan dampak positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat," kata Prof Heri dalam keterangannya, Selasa (6/8/2024).

Adapun pada 21-29 Juli 2024, delegasi FT UI bertandang ke beberapa universitas terkemuka di Inggris, University of Exeter, University of Leeds, University of Glasgow, dan University of Strathclyde. 

Dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan Penelitian dan Kemahasiswaan, Prof Yanuar, delegasi FT UI terdiri dari Manajer Kerjasama, Ventura, dan Alumni, Dalhar Susanto dan Sekretaris Departemen Teknik Sipil, Andyka Kusuma.

BERITA TERKAIT

Pada kunjungan tesebut FT UI menandatangani Letter of Intent (LoI) dengan University of Exeter, yang bertujuan menyelesaikan Memorandum of Understanding (MoU) bagi program Double Degree dengan skema 2 tahun studi di UI dan 2 tahun pada universitas mitra untuk program studi Teknik Industri, serta program Single Degree dengan skema fee- paying study abroad.

Selain itu, kesepakatan ini turut mencakup pengembangan kolaborasi penelitian serta peluang kolaborasi akademik lainnya.

FT UI juga menandatangani kesepakatan implementasi dengan University of Strathclyde di mana mahasiswa FT UI bisa mengikuti program Double Degree dengan skema 2+2 pada program studi Teknik Perkapalan dan Teknik Mesin. 

Mahasiswa yang memenuhi persyaratan akademik pada semester akhir di University of Strathclyde memiliki peluang untuk melanjutkan ke program master yang dapat diselesaikan dalam satu tahun. 

University of Strathclyde juga memberikan potongan biaya kuliah sebesar 15 persen bagi mahasiswa program Double Degree dan Single Degree. Prof Yanuar menerangkan kerja sama ini jadi langkah FT UI memperluas kesempatan akademiknya. 

"Kedepannya, kami harap kolaborasi ini dapat terus berlanjut dan berkembang baik dalam bentuk akademik maupun penelitian," katanya.

Baca juga: Fakultas Teknik UI Terpilih Jadi Tuan Rumah Kompetisi Dunia Keamanan Siber 2026

Selain kedua perjanjian tersebut, delegasi FTUI juga melakukan kunjungan ke University of Leeds dan University of Glasgow untuk berdiskusi termasuk membahas pengembangan program Double Degree, monitoring dan evaluasi mahasiswa Double Degree Master yang telah berjalan dengan University of Leeds, serta peluang untuk kolaborasi penelitian.

FT UI juga membidik University of Menchester untuk memperluas kerja sama serta meninjau potensi kerja sama internasional lainnnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas