Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Trem Otonom Hadir di Nusantara, Ini 3 Transportasi Masa Depan Indonesia

Otorita IKN ajak INKA dan KAI bekerja sama dalam pelaksanaan uji coba trem otonom di Nusantara, lusa diselenggarakan

Penulis: tribunsolo
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Trem Otonom Hadir di Nusantara, Ini 3 Transportasi Masa Depan Indonesia
OIKN
Autonomous Rail Transit (ART) atau kereta otonom tiba di Nusantara pada Sabtu, (3/8/2024) 

TRIBUNNEWS.COM - Trem Otonom telah hadir di Ibu Kota Nusantara bekerja sama dengan PT. Industri Kereta Api (INKA) dan PT. Kereta Api Indonesia (KAI).

Otorita IKN melakukan uji coba Proof-of-Concept (PoC) trem otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di Nusantara pada Jumat (9/8/2024).

Dalam pembangunan Nusantara tidak hanya berfokus pada pengembangan fisik dan teknologi, melainkan juga pada pengembangan kapasitas manusianya.

"Tidak hanya hardware atau bangunan fisik dan infrastruktur, software atau teknologi cerdas, tapi brainware atau pengembangan pada manusia menjadi fokus pembangunan di IKN. Untuk meningkatkan kemampuan nasional, kami akan mengundang PT. INKA dan PT. KAI dalam pelaksanaan uji coba ART dan pengembangan kedepan," ujar Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN (OIKN) Mohammed Ali Berawi, dikutip dari siaran pers Otorita Ibu Kota Nusantara, Rabu (7/8/2024).

Otorita IKN mengadakan inisiasi koordinasi dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT. Industri Kereta Api (INKA) dalam pelaksanaan uji coba
 menjelaskan pentingnya kehadiran industri nasional dalam menjalankan proses transfer teknologi dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia.

"Kami selalu membentuk tik teknis yang berisikan perwakilan perusahaan lokal dengan mitra teknologi yang ingin berpartisipasi di Nusantara. Harapannya dapat mempercepat pengusungan teknologi serta memacu industri dalam negeri agar terjadi lompatan atau leapfrogging," ujar Ali dalam rilis OIKN.

"Tidak hanya hardware atau bangunan fisik dan infrastruktur, software atau teknologi cerdas, tapi brainware atau pengembangan pada manusia menjadi fokus pembangunan di IKN. Untuk meningkatkan kemampuan nasional, kami akan mengundang PT. INKA dan PT. KAI dalam pelaksanaan uji coba ART dan pengembangan kedepan," tambahnya.

BERITA TERKAIT

Untuk diketahui, Nusantara adalah Ibu Kota Negara Indonesia selanjutnya setelah Jakarta, aturan tersebut sudah ditetapkan dan diatur oleh UU Nomor 3 Tahun 2022.

Nusantara akan mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris, dan berfungsi untuk mempercepat transformasi ekonomi negara

Transportasi di IKN

IKN siap menghadirkan berbagai teknologi canggih, terutama di sektor transportasi.

Baca juga: Masyarakat Umum Tak Bisa Ikut Upacara di IKN, Sekda Kaltim: Keterbatasan Tempat, Bisa Live Streaming

Berbagai transportasi ini juga diklaim ramah lingkungan.

Transportasi canggih nan ramah lingkungan ini antara lain, taksi terbang, kereta tanpa rel, dan kapal pinisi.

Taksi Terbang

Taksi terbang atau sky taxi telah tiba di Balikpapan pada 9 Mei 2024.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas