Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AirAsia Buka Penerbangan Baru Rute Denpasar-Kota Kinabalu

Penerbangan perdana dari Denpasar menuju Kota Kinabalu terisi 152 kursi atau sekitar 80 persen, sementara dari Kinabalu ke Denpasar penuh penumpang.

Penulis: Fauzi Nur Alamsyah
Editor: Willem Jonata
zoom-in AirAsia Buka Penerbangan Baru Rute Denpasar-Kota Kinabalu
Tribunnews.com/ Fauzi Nur Alamsyah
Inagural penerbangan AirAsia rute Denpasar-Kota Kinabalu di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (9/8/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Maskapai AirAsia membuka rute penerbangan terbarunya yang menghubungkan Denpasar-Kota Kinabalu, Jumat (9/8/2024).

Rute ini menjadi rute kedua yang terkoneksi dengan Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia setelah rute Jakarta - Kota Kinabalu yang telah diresmikan sebelumnya pada bulan Februari lalu.

Head of Indonesia Affairs & Policy Indonesia AirAsia, Eddy Krismeidi, mengungkapkan bahwa pada penerbangan perdana dari Denpasar menuju Kota Kinabalu terisi 152 kursi atau sekitar 80 persen, sementara dari Kota Kinabalu ke Denpasar penuh dengan 180 penumpang.

"Alhamdulillah hari ini dari Denpasar ke Kota Kinabalu loadnya 152 sekitar 80 persen, dari Kota Kinabalu ke Denpasar full 180 penumpang," kata Eddy Krismeidi dalam jumpa persnya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Jumat (9/8/2024).

Eddy menambahkan penerbangan perdana kali ini menunjukkan respons yang positif dari pasar.

"Ini baru penerbangan pertama dan baru indikasinya. Melihat respons penerbangan-penerbangan, kita berharap ini berkelanjutan," ujarnya. 

BERITA TERKAIT

"Kita lihat Denpasar maupun Kota Kinabalu itu dua-duanya juga up, Malaysia bagian Timur Kota Kinabalu dan Denpasar juga."

Eddy berharap penerbangan ini dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Bali maupun sebaliknya. 

"Kita bisa meningkatkan dua ini bisa menambah peluang wisatawan khususnya datang ke Bali maupun sebaliknya," ungkapnya.

Lebih lanjut, jika rute Denpasar-Kota Kinabalu pernah dibuka sebelumnya dan kini menunjukkan reaksi positif. 

"Kita melihat sebenarnya Kota Kinabalu dan Denpasar pernah dibuka, dan kini sudah bereaksi positif dari hasil analisis kami. Kota Kinabalu-Denpasar ini secara ekonomi sudah fleksibel untuk dibuka penerbangan langsung, dan kami melakukan langsung dari analisa yang sudah kami lakukan," tutur Eddy.

Kemudian penerbangan ini akan dilayani tiga kali seminggu.

"Biasanya AirAsia kalau di tahap awal kita tes pasar, kita melihat reaksi pasar seperti apa. Kita buat tiga kali dulu, memang ini destinasi baru. Dari situ kita lihat kalau potensi pasarnya bagus, kita akan tambah lagi," tambahnya lagi.

Adapun peresmian penerbangan Indonesia AirAsia rute Denpasar - Kota Kinabalu dihadiri oleh Kepala Kantor Otoritas Bandara Wil IV Bali - Agustinus Budi Hartono, General Manager Angkasa Pura I Ngurah Rai - Handy Heryudhitiawan, General Manager Airnav Cabang Bali - Suryadi Joko dan Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali - Kolonel Pnb Agni Prayogo.

Kemudian ratusan merchandise dibagikan kepada para penumpang AirAsia ketika memasuki pesawat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas