Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemenkominfo: Kabar Pemerintah Datangkan Pawang Hujan Banyuwangi ke IKN Hoaks

Usman mengatakan kabar yang menyebutkan Pemerintah mendatang pawang hujan untuk mencegah hujan saat upacara di IKN, hoaks!

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Kemenkominfo: Kabar Pemerintah Datangkan Pawang Hujan Banyuwangi ke IKN Hoaks
Endrapta Pramudhiaz
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong. Ia mengatakan kabar yang menyebutkan Pemerintah mendatang pawang hujan untuk mencegah hujan saat upacara di IKN, hoaks! 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong membantah kabar yang menyebutkan bahwa Pemerintah mendatangkan pawang hujan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Usman mengatakan kabar yang menyebutkan Pemerintah mendatang pawang hujan untuk mencegah hujan saat upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN, adalah berita bohong atau hoaks.

"Ingin kami sampaikan bahwa tidak benar ada perintah kepada satu pawang hujan, katanya begitu dari Banyuwangi ya itu, itu hoaks, ya itu hoaks," ujar Usman dalam Diskusi Polemik Trijaya, Sabtu (10/8/2024).

Dirinya memastikan bahwa Pemerintah menggunakan pendekatan yang ilmiah.

Pemerintah, kata Usman, menggunakan teknologi rekayasa cuaca untuk mengendalikan cuaca saat upacara.

" jadi kita menggunakan ilmiah, ilmu pengetahuan dan teknologi untuk rekayasa cuaca begitu. jadi tidak benar bahwa ada perintah atau ada permintaan, ada order ya dari PUPR ataupun dari pemerintah kepada si pawang hujan untuk melakukan rekayasa cuaca begitu, itu tidak benar, yang beredar di media sosial," tutur Usman.

BERITA TERKAIT

Meski begitu, Usman mengakui bahwa kondisi cuaca di IKN dalam beberapa waktu terakhir kerap diguyur hujan.

Hal tersebut, kata Usman, terjadi saat dirinya mengunjungi IKN pada pekan ini.

"Nah kemarin juga itu ada hujan deras juga, cukup deras, memang curah hujan di Kalimantan, di Balikpapan, dan IKN ini cukup tinggi," pungkasnya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas