Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Biaya HUT ke-79 RI di IKN Dituding Mahal, Istana: Jangan Dibandingkan

Istana menanggapi isu mahalnya biaya HUT di IKN untuk tidak membandingkan dengan perayaan sebelumnya karena fasilitas di IKN belum semuanya terpenuhi.

Penulis: tribunsolo
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Biaya HUT ke-79 RI di IKN Dituding Mahal, Istana: Jangan Dibandingkan
AFP/STR
Istana kepresidenan masa depan yang sedang dibangun, yang akan menjadi tuan rumah perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 pada 17 Agustus, terlihat di ibu kota masa depan Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 10 Agustus 2024. (Photo by AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko menanggapi adanya kritik mengenai mahalnya biaya Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Moeldoko menyatakan biaya HUT RI di IKN tidak tepat disebut mahal karena semuanya sudah diperhitungkan dan dipertanggungjawabkan.

"Saya ingin menjelaskan. Jadi, yang paling utama dalam sebuah government adalah akuntabel dan transparan. Jadi pembukaannya buktinya semua tahu, harga memang tidak seperti biasanya," ujarnya dikutip dari KOMPASTV, Selasa (13/8/2024).

Selain itu, Moeldoko menyebut jika HUT RI di IKN tidak bisa dibandingkan dengan perayaan-perayaan 17 Agustus yang sebelumnya.

"Kalau kita bicara mahal itu mesti ada sesuatu yang diperbandingkan, ada benchmark-nya."

"Nah, kebetulan penyelenggaran HUT RI kali ini diselenggarakan di IKN sehingga kita tidak punya pembanding. Tidak bisa dibandingkan kemarin dari seperti ini terus," jelasnya.

Menurutnya, biaya HUT RI yang membengkak disebabkan karena masalah situasional di IKN dengan sejumlah fasilitas yang belum memadai.

BERITA TERKAIT

"Kita selenggarakan di sini yang relatif semuanya belum terpenuhi sehingga harga itu bisa tergantung dari mekanisme pasar harga itu. Bukan kita yang menentukannya," ucap Moeldoko.

Lebih lanjut, Moeldoko mengatakan untuk kemerdekaan Indonesia itu tidak ada yang mahal.

Ia menegaskan biaya mahal dalam penyelenggraan HUT ke-79 RI di IKN ini juga untuk masyarakat.

"Saya ingin sampaikan bahwa apapun harga itu dikatakan mahal, tetapi sesungguhnya ya masyarakat bawah yang menikmati. Masyarakat ekonomi daerah sini menikmati situasi ini."

Baca juga: Megawati dan SBY Dipastikan Tidak Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Ini Alasannya

"Bukan kami-kami yang di Jakarta yang menikmati tapi masyarakat daerah menikmati karena ekonomi bisa lumayan bergerak dengan baik," ucapnya.

Adapun, Presiden Joko Widodo (Widodo) telah mengumumkan akan mengurangi jumlah tamu kenegaraan dalam HUT ke-79 RI di IKN.

Pengumuman tersebut ia sampaikan saat memberikan sambutan dalam acara Groundbreaking Nusantara International Covention Center and Hotel di IKN, Senin (12/8/2024).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas