Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kisah Orang Rimba Tuntaskan Kuliah dengan IPK Tinggi

Orang Rimba itu bernama MT Pauzan. Ia lahir di kawasan Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi. Masa kecilnya dilalui bersama Suku Anak Dalam.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Willem Jonata
zoom-in Kisah Orang Rimba Tuntaskan Kuliah dengan IPK Tinggi
Tribunnews.com
MT Pauzan (kiri), Orang Rimba warga Suku Anak Dalam ini berhasil menamatkan pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Kota Bogor. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selama ini sebagian orang menilai kehidupan Orang Rimba atau biasa disebut masyarakat Suku Anak Dalam di kawasan Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi, cenderung terisolir karena tinggal jauh di pedalaman.

Mereka juga dipersepsikan kurang mendapat sentuhan modernitas termasuk rendahnya akses pendidikan. Namun faktanya tidak semua warga Suku Anak Dalam seperti itu.

Adalah MT Pauzan, Orang Rimba warga Suku Anak Dalam ini berhasil menamatkan pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Kota Bogor.

MT Pauzan lahir di kawasan Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi. Dia melewati masa kecil bersama kawanan anak-anak Suku Anak Dalam lainnya yang mengenakan cawat.

Kini dia meraih gelar sarjana setelah menyelesaikan kuliah di Politeknik Pembangunan dan Pertanian (Polbangtan), Bogor. dan lulus dengan nilai memuaskan. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)-nya mencapai 3,26.

Setelah keluar hutan dan menetap di perumahan di Dusun Pal Makmur, Air Panas, Desa Bukit Suban, Sarolangun, Jambi, Pauzan menapaki hidup baru. Atas arahan Tumenggung Tarib, kakeknya, Pauzan memutuskan bersekolah.

BERITA TERKAIT

Perjalanan Pauzan menuntaskan pendidikannya tidaklah mudah. Ia sempat merasa bersekolah adalah aktivitas sia-sia. Itu sebabnya, saat di bangku SMP Pauzan sempat kabur dan memutuskan untuk berhenti bersekolah.

“Waktu itu saya merasa tidak sanggup untuk mengikuti teman-teman yang lain, dan melihat teman-teman sepantaran saya asyik bermain setiap hari. Akhirnya terpengaruh dan berpikiran buat apa saya sekolah, nanti juga tidak jadi apa apa,” kata Pauzan menceritakan alasannya kabur dari sekolah.

Untung saja, sang kakek menasihati. Bahkan memarahi Pauzan yang seakan belum paham manfaat pendidikan.

Tumenggung Tarib saat itu sampai menghiba pada guru sekolah supaya menerima kembali cucunya belajar di kelas.

Ia bahkan menemui pimpinan PT Sari Aditya Loka, perusahaan perkebunan kelapa sawit Grup Astra Agro yang beroperasi di Sarolangun, Jambi.

“Saya minta bantuan perusahaan supaya mau menyampaikan ke guru-guru untuk menerima cucu saya lagi bersekolah,” katanya dalam bahasa Indonesia yang sesekali masih bercampur bahasa dan dialek Orang Rimba.

Jerih payah Tumenggung Tarib membuahkan hasil. Cucunya bisa melanjutkan sekolah. Lulus SMP Pauzan masuk ke sebuah sekolah kejuruan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari Yogyakarta, ia mendaftar ke Polbangtang, Bogor. Pauzan dinyatakan lulus serta diwisuda pada Kamis, 8 Agustus lalu.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas