Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Human Initiative Dorong Pemuda Berperan Realisasikan Tujuan Pembangunan Keberlanjutan

Forum ini menghadirkan 25 Aktor Lokal Penggerak Masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia serta para sektor swasta yang turut mendukung program

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Human Initiative Dorong Pemuda Berperan Realisasikan Tujuan Pembangunan Keberlanjutan
Istimewa
Human Initiative (HI) bersama kebaikan para mitra kolaborasi dan dukungan pemerintah, menyelenggarakan Local Champion Forum 2024 di Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Human Initiative (HI), Tomy Hendrajati, mendorong pemuda berperan untuk merealisasikan tujuan pembangunan keberlanjutan.

Sebab itu, HI bersama kebaikan para mitra kolaborasi dan dukungan pemerintah, menyelenggarakan Local Champion Forum 2024 di Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Forum ini menghadirkan 25 Aktor Lokal Penggerak Masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia serta para sektor swasta yang turut mendukung program pemberdayaan Human Initiative.

Adapun jumlah 25 aktor lokal penggerak masyarakat yang hadir merupakan harmonisasi dari usia Human Initiative yang memasuki 25 tahun pada tahun 2024 ini.

”Kunci pemberdayaan berkelanjutan di lingkungan masyarakat adalah keterlibatan aktor-aktor lokal. Maka sudah seharusnya saat ini kita memberikan dukungan kepada mereka, karena aktor lokal inilah yang paling cepat membantu wilayah mereka dalam mengatasi masalah. Kita semua hadir untuk mendukung dan mendampingi agar mereka jauh lebih kuat,” kata Tomy dalam keterangannya Senin (19/8/2024).

Mewakili Human Initiative, Tomy menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada semua pihak yang telah mendukung aktivitas program berkelanjutan, baik itu dari individu maupun mitra institusi dalam dan luar negeri.

BERITA TERKAIT

Begitu juga kepada seluruh aktor lokal Human Initiative, yang menjadi ujung tombak bergeraknya program hingga amanah sampai kepada masyarakat.

”Kami sebagai lembaga kemanusiaan punya tanggung jawab yang berat untuk memastikan bahwa setiap amanah yang diberikan kepada kami sesuai dengan apa yang diharapkan," ucapnya.

"Untuk itu kami berkomitmen, bahwa kemarin kami telah menjadi inspirasi bagi kampung-kampung para lokal aktor, hari ini kami menginspirasi Indonesia, dan tiga hingga lima tahun ke depan kami akan menginspirasi dunia,” lanjut Tomy.

Baca juga: Pekerja di IKN dan Warga Sekitar Nusantara Kesulitan Air Bersih, Terpaksa Beli dari Depo

Berdasarkan data Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menyebutkan kemajuan sosial dan ekonomi di Indonesia berada pada skor 74,39, angka ini meningkat dari tahun lalu sebesar 73,77.

Peningkatan ini mencerminkan adanya perbaikan dalam dimensi-dimensi utama seperti harapan hidup, pendidikan, dan standar hidup yang layak, termasuk pemenuhan kebutuhan dasar seperti makanan, perumahan, pakaian, pendidikan, dan kesehatan.

Tantangan saat ini adalah perlunya kolaborasi kebaikan untuk mempertahankan dan melanjutkan peningkatan, terutama dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas