Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang Munas Golkar, Nama Bahlil Menguat, 37 DPD Disebut Sudah Nyatakan Dukungan

Nama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menguat menjadi bakal calon ketua umum Partai Golkar menggantikan Airlangga Hartarto. 

Penulis: Milani Resti Dilanggi
Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Jelang Munas Golkar, Nama Bahlil Menguat, 37 DPD Disebut Sudah Nyatakan Dukungan
Dok. Istimewa
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia saat berfoto bersama di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum mengikuti sidang kabinet paripurna pada Senin (12/8/2024) - Nama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menguat menjadi bakal calon ketua umum Partai Golkar menggantikan Airlangga Hartarto.  

TRIBUNNEWS.COM - Nama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia makin menguat menjadi bakal calon ketua umum Partai Golkar menggantikan Airlangga Hartarto

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menyatakan bahwa saat ini sudah 37 DPD Golkar Provinsi mendukung Bahlil untuk menjadi Ketum Golkar periode 2024-2029. 

Ace berharap ada satu DPD lagi yang akan segera memberikan dukungan sehingga total dukungan menjadi 38.

"Sejauh yang saya tahu, sudah lebih dari 37 provinsi yang sudah menyuarakan dukungannya kepada Pak Bahlil. Mudah-mudahan bisa 38," kata Ace usai konferensi pers di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu (18/8/2024).

Ace mengatakan dirinya sebagai perwakilan dari region Jawa Barat telah berdiskusi mengenai dukungan daerahnya terhadap pencalonan Bahlil Lahadalia.

"Setahu saya, selaku Ketua DPD Golkar Jawa Barat, saya hanya berdiskusi dengan Pak Bahlil terkait pencalonan ketua umum," katanya.

Lebih lanjut, Ace mengatakan, sesuai dengan AD/ART partai, syarat menjadi ketum adalah pernah menjadi pengurus dewan pimpinan pusat (DPP) maupun provinsi.

BERITA TERKAIT

"Jika ada pihak yang memang memiliki persyaratan tersebut, tentu mereka berhak untuk menjadi calon ketua umum, disertai dengan dukungan 30 persen suara, itu penting," kata Ace. 

Ace menyebut dengan syarat itu Bahlil telah memenuhi syarat menjadi Ketua Umum Partai Golkar

Sebab, Bahlil pernah menjadi pengurus DPD Partai Golkar Provinsi Papua.

"Saya yakin beliau memenuhi secara baik dari segi persyaratan." 

Baca juga: Agung Laksono Nilai Ucapan Yasril Tak Setuju Bahlil Jadi Ketua Umum Golkar adalah Pandangan Pribadi

'Pengalaman beliau sebagai pengurus DPD Provinsi Papua, dan Insyaallah beliau juga mendapatkan dukungan dari para pengurus DPD provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia," katanya. 

Munas Golkar 

Partai Golkar bakal menggelar Rapimnas dan Munas selama dua hari, yakni 20 dan 21 Agustus 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Ketua Penyelengara Rapimnas dan Munas Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menjelaskan bahwa Rapimnas bakal dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas