Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Diperiksa KPK, Hasto Bantah Perintahkan Orang Terkait Proyek DJKA

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengaku tidak pernah memerintahkan orang terkait dengan proyek di DJKA.

Penulis: tribunsolo
Editor: Nuryanti
zoom-in Diperiksa KPK, Hasto Bantah Perintahkan Orang Terkait Proyek DJKA
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto tiba di Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Selasa (20/8/2024). Hasto Kristiyanto mengaku tidak pernah memerintahkan orang terkait dengan proyek di DJKA. 

TRIBUNNEWS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto terkait hubungannya dengan salah satu tersangka kasus korupsi Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA).

Hasto memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa pada Selasa (20/8/2024) terkait dugaan perintah terhadap eks Direktur Prasarana pada DJKA, Harno Trimadi.

Ia diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi kasus tersebut.

“Informasi yang kami dapatkan dari penyidik adalah terkait klarifikasi pertemuan saudara HK (Hasto Kristiyanto) dengan saudara Harno,” terang Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto kepada wartawan, Rabu (21/8/2024), dilansir Kompas.com.

Harno merupakan salah satu tersangka kasus dugaan suap di lingkungan DJKA yang terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) dua tahun lalu.

Menurut Tessa, penyidik sedang memeriksa adanya dugaan perintah dari Hasto melalui koleganya, Wakil Sekjen PDIP Yosep Aryo Adhie Dharmo.

“Jadi info yang kami dapatkan dari penyidik adalah klarifikasi seputar pertemuan tersebut,” ungkap Tessa.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, Hasto mengaku tidak pernah memerintahkan seseorang terkait proyek-proyek di DJKA.

Hasto juga mengatakan ia tidak mengingat betul apakah pernah bertemu dengan Harno.

“Kalau terkait dengan apakah bertemu atau tidak, ya saya kurang ingat, karena sebagai Sekjen saya bertemu dengan begitu banyak orang,” ujar Hasto ketika ditemui usai menjalani pemeriksaan di KPK, Selasa (20/8/2024).

“Lalu apakah saya juga mengeluarkan perintah-perintah terkait dengan urusan proyek-proyek tertentu, saya katakan bahwa saya tidak melakukan hal tersebut,” tegasnya.

Baca juga: Hasto PDIP Tersenyum Sikapi Putusan MK Ubah Syarat Pencalonan Pilkada

Menurut Hasto, pemanggilannya berkaitan dengan posisinya sebagai Sekretaris Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu.

Ketika itu Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf menggandeng sejumlah menteri dalam menghadapi Pilpres, di antaranya adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Sementara, Adhie Darmo menjabat sebagai Kepala Rumah Aspirasi Relawan Jokowi-Ma’ruf.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas