Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kementerian/Lembaga Pemerintahan Prabowo-Gibran Harus Bawa Pertemuan Internasional ke Indonesia

Semakin banyak Indonesia menjadi tuan rumah event pertemuan internasional, akan memberikan banyak dampak positif bagi ekonomi

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Erik S
zoom-in Kementerian/Lembaga Pemerintahan Prabowo-Gibran Harus Bawa Pertemuan Internasional ke Indonesia
Istimewa
Ketua Umum DPP Indonesia Congress and Convention Association (INCCA), Dr Iqbal Alan Abdullah, MSc, CMMC 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintahan baru kelak di bawah pemerintahan Prabowo Subianto diharapkan perlu terus mendorong menteri dan kepala Lembaga maupun BUMN sebagai Instansi Penjuru agar proaktif memanfaatkan keanggotaan Indonesia di organisasi internasional (OI) antarpemerintah untuk menarik lebih banyak pertemuan internasional ke Indonesia.

Karena semakin banyak Indonesia menjadi tuan rumah event pertemuan internasional atau MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) akan memberikan banyak dampak positif bagi ekonomi, sebagai lokomotif bagi bergeraknya perdagangan, investasi dan pariwisata; pembukaan lapangan kerja yang massif, terbukanya pasar baru bagi produk Indonesia, peningkatan apresiasi kebudayaan Indonesia, dan peningkatan kerja sama di berbagai bidang, dan lainnya.

Berdasarkan data, pada tahun 2021 diketahui Indonesia menjadi anggota pada 200 organisasi internasional antar-pemerintah yang diampu oleh 49 Kementerian/Lembaga selaku Instansi Penjuru, seperti pada PBB, ASEAN, dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), dan lainnya.

Baca juga: Menlu Retno: 9 Tahun Terakhir, Indonesia 95 Kali Terpilih Dalam Pencalonan Organisasi Internasional

"Kita punya keanggotaan ratusan organisasi internasional dan tiap tahun pemerintah membayar iuran keanggotaan yang cukup mahal, jadi harus dimanfaatkan optimal untuk mendukung diplomasi multilateral dan pelaksanaan politik luar negeri yang bebas dan aktif sekaligus mendapatkan benefit baru bagi ekonomi, lapangan kerja, kebudayaan, kerja sama, pasar baru, dan lainnya,” kata Ketua Umum DPP Indonesia Congress and Convention Association (INCCA) Dr Iqbal Alan Abdullah, MSc, CMMC dalam keterangannya, Kamis (22/8/2024).

Dikatakannya, bila setiap kementerian atau lembaga selaku Instansi Penjuru mampu menarik dua saja pertemuan internasional diselenggarakan di Indonesia maka kita sudah punya 400 kegiatan pertemuan internasional di Indonesia dalam satu tahun.

Belum lagi swasta dan NGO. Coba bayangkan berapa besar dampak positifnya bagi kita, ekonomi, tenaga kerja, devisa, dan lainnya.

BERITA TERKAIT

"Itu juga sebabnya saya yakin era Prabowo nanti industri MICE kita akan meningkat," sambungnya.

Instansi Penjuru sendiri adalah lembaga negara, kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian, atau lembaga nonstruktural yang menjadi narahubung utama antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Organisasi Internasional.

Demi memperkuat relasi Indonesia dengan berbagai organisasi internasional, Iqbal bahkan menyarankan agar pemerintah ke depan mendorong makin banyak organisasi internasional yang berafiliasi dengan asosiasi di Indonesia, baik itu asosiasi profesi, NGO dan lainnya, yang dapat dibantu melalui pemberian kemudahan berupa pembiayaan iuran yang dibayarkan pemerintah melalui instansi pengampu atau Instansi Penjurunya.

Dijelaskan, berbagai jenis pertemuan bisa dimanfaatkan oleh instansi penjuru, yang tidak terbatas hanya pada pertemuan annual, conference atau congress 4-5 tahunan, tapi bisa bentuk lain yang jumlahnya cukup besar seperti pertemuan regional, pelatihan, rapat kerja dan lainnya.

"Jadi Pak Presiden terpilih nanti bisa mendorong para menteri atau kepala lembaga sebagai pengampu organisasi internasional untuk proaktif melakukan lobi agar organisasi internasional dilakukan di Indonesia. Itu bisa dijadikan bagian dari keberhasilan dari kementerian/ lembaga atau diplomasi kita," kata Iqbal.

Mantan Wakil Ketua The Asian Federation of Exhibition and Convention Associations (AFECA) selama tiga periode mengatakan, membangkitkan wisata MICE merupakan bagian dari strategi pengembangan ekonomi, perdagangan,investasi dan pariwisata serta manfaat lain sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 30 Tahun 2019 tentang Keanggotaan dan Kontribusi Indonesia pada Organisasi Internasional.

Baca juga: Tepati Janjinya, Prabowo Kunjungi Perdana Menteri James Marape Di Papua Nugini

Apalagi Presiden terpilih Prabowo Subianto terakhir ini tampak mulai aktif menjalankan berbagai pertemuan dengan para petinggi dunia dalam kerangka diplomasi ekonomi, perdagangan, industri, pertahanan dan keamanan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas