Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wamenag Sebut Penyuluh Agama Bisa Jaga Toleransi dan Moderasi Beragama

Wakil Menteri Agama (Wamenag), Saiful Rahmat Dasuki menegaskan, pentingnya peran PAI dalam mengedepankan ajaran Islam yang rahmatan lil'alamin.

Penulis: willy Widianto
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Wamenag Sebut Penyuluh Agama Bisa Jaga Toleransi dan Moderasi Beragama
Istimewa
Wakil Menteri Agama (Wamenag), Saiful Rahmat Dasuki, memberikan penghargaan kepada Penyuluh Agama Islam (PAI) dalam acara PAI Award 2024 di Jakarta, di Jakarta, Rabu (21/8/2024).  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebelas orang penyuluh agama Islam (PAI) mendapatkan penghargaan dari Kementerian Agama (Kemenag) RI. Penghargaan tersebut diberikan lantaran peran vital PAI dalam memberikan inovasi dan gagasan terkait penyuluhan agama Islam di Indonesia.

Wakil Menteri Agama (Wamenag), Saiful Rahmat Dasuki menegaskan, pentingnya peran PAI dalam mengedepankan ajaran Islam yang rahmatan lil'alamin.

“Ikhtiar bapak/ibu (PAI) ini adalah bagian yang akan dicatat dalam sejarah, bagaimana peran-peran para PAI dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya dalam acara PAI Award 2024 di Jakarta, Rabu (21/8/2024).

Saiful mengatakan, PAI Award bukan sekadar ajang penghargaan, tetapi juga upaya bersama dalam mendorong peningkatan kualitas dan kapasitas para penyuluh agama. Tantangan dakwah dan pembinaan umat yang semakin kompleks membuat penghargaan ini diharapkan menjadi dorongan moral bagi para penyuluh untuk terus berkarya dan berinovasi.

Sebanyak 80 PAI berprestasi berhasil lolos ke babak final terbagi dalam delapan kategori. Dari jumlah tersebut, 11 PAI dinobatkan sebagai yang terbaik.

“Kepada para pemenang, kemenangan ini adalah kemenangan kita bersama dalam menjaga soliditas dan dedikasi para Penyuluh Agama Islam di seluruh Indonesia,” ungkap Saiful.

Baca juga: Pakar Nilai DPR dan Pemerintah Tak Ikuti Putusan MK karena Tak Tegas

Baca juga: Penyetaraan Ijazah Luar Negeri Bisa Dilakukan secara Online, Segera Unduh Pusaka Superapps Kemenag

Ia menekankan, kemenangan ini juga merupakan simbol dari gerak dan nafas yang sama di antara para penyuluh. Ia juga mengungkapkan, pemenang terpilih melalui proses seleksi yang ketat dan teliti oleh dewan juri.

BERITA TERKAIT

“Penilaian yang dilakukan oleh para juri tentu tidak mudah, mengingat kualitas dan dedikasi tinggi yang ditunjukkan semua peserta. Namun, pada akhirnya, pemenangnya adalah seluruh Penyuluh Agama Islam yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Penghargaan ini juga menggarisbawahi pentingnya peran PAI dalam menjaga keberagaman, toleransi, dan moderasi beragama.

Menurut Saiful, di tangan para penyuluh, pemahaman Islam yang rahmatan lil'alamin dapat terus dipertahankan dan disebarluaskan.

Ia berpesan kepada para penyuluh agar tidak pernah lelah menjadi orang baik dan bermanfaat bagi orang lain.

“Setiap kebaikan yang kita lakukan ada cahaya yang menerangi jalan orang lain, dan ada keberkahan yang Insha Allah akan berbalik kepada diri kita semua, ketika dilakukan dengan penuh keikhlasan dan dedikasi yang tinggi,” pesannya.

Baca juga: Kemenag Minta Penyuluh Agama dan Penghulu Bantu Penurunan Stunting hingga Pengentasan Kemiskinan

Berikut pemenang PAI Award 2024 Kementerian Agama RI dari delapan kategori:

1. Peningkatan Literasi Al-Qur'an:
Lailatul Fithriyah Azzakiyah (Jawa Timur)
"Tahfizh Al Qur'an Tematik (TQT): Metode Efektif Peningkatan Literasi Makna Al-Qur'an"

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas