Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gagasan Surya Paloh Dituangkan Dalam Buku Restorasi Indonesia di Kongres III NasDem

Partai NasDem meluncurkan buku Restorasi Indonesia karya Ketua Bappilu NasDem Teritorial Jawa Barat Saan Mustopa.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Gagasan Surya Paloh Dituangkan Dalam Buku Restorasi Indonesia di Kongres III NasDem
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Ketua Bappilu NasDem Teritorial Jawa Barat Saan Mustopa. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai NasDem meluncurkan buku Restorasi Indonesia karya Ketua Bappilu NasDem Teritorial Jawa Barat Saan Mustopa.

Acara peluncuran itu dilakukan pada sela-sela Kongres III Partai NasDem, di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (27/8/2024).




"Dari mulai tahun 2016 itu banyak sekali gagasan-gagasan, ide-ide, pemikiran-pemikiran Pak Surya tentang bangsa, tentang negara. Terutama konsistensi terkait dengan soal semangat dan nilai kebangsaan Pak Surya. Yang tuangkan bukan hanya dalam ide, dalam gagasan, tapi juga dalam praktek melalui Partai Nasdem ini," kata Ketua Bappilu NasDem Teritorial Jawa Barat Saan Mustopa.

Adapun tema buku tersebut mengambil sebuah tema disertasi.

Disertasi ini diambil berdasarkan pemikiran Surya Paloh yang peduli kepada bangsa dan negara Indonesia.

"Nah ini yang membuat saya tertarik. Tadi ada kunci gini, Pak Surya termasuk yang tidak menghendaki bahwa perubahan itu secara radikal. Tapi Pak Surya juga sebagai seorang aktor politik itu melihat kok yang namanya restorasi ini kok kayak lambat sekali gitu kan," ujar Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu.

BERITA TERKAIT

"Ketika kita bertransformasi dari order baru ke reformasi yang udah hampir 20 tahun kok tidak lebih, itu kok kayak lambat gitu. Nah Pak Surya ingin menawarkan alternatif baru yang namanya restorasi dari pikiran-pikiran Pak Surya. Apa? Ingin mengembalikan nilai-nilai semangat-semangat kebangsaan yang baik dan sebagainya," imbuhnya.

Saan menambahkan bahwa buku tersebut sengaja dilaunching agar para kader Partai NasDem bisa mengikuti jejak dari pemikiran Surya Paloh.

"Nah dalam kontek kebangsaan tadi seperti di diskusi itu, ya kita ingin melakukan pembaharuan dalam tatanan politik kita. Dimulai dari mana? Tadi sepakat ya kita harus dimulai dari institusi politik kita," tandasnya.

Adapun Surya Paloh kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai NasDem untuk periode 2024-2029.

Keputusan itu berdasarkan hasil rapat pleno Majelis Tinggi Partai NasDem, yang digelar pada Kongres III Partai NasDem, di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Sekretaris Majelis Tinggi Partai NasDem IGK Manila membacakan putusan tersebut di hadapan ribuan peserta Kongres III Partai NasDem.

Baca juga: Surya Paloh: Hukum Bukan untuk Mencari Kesalahan dan Jadi Bahan Tertawaan

"Memutuskan menetapkan keputusan tentang penetapan Surya Paloh sebagai ketua umum Partai NasDem periode 2024-2029," kata IGK Manila.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas