Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPK Akan Minta Klarifikasi Kaesang soal Penggunaan Jet Pribadi Disebut untuk Liburan ke LN

KPK akan meminta klarifikasi kepada Kaesang Pangarep soal penggunaan jet pribadi yang diduga merupakan gratifikasi fasilitas dari perusahaan swasta.

Penulis: tribunsolo
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in KPK Akan Minta Klarifikasi Kaesang soal Penggunaan Jet Pribadi Disebut untuk Liburan ke LN
tribunnews.com
Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono pergi ke Amerika Serikat (AS) naik jet pribadi 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata mengungkapakan pihaknya bisa meminta klarifikasi dari Kaesang Pangarep soal penggunaan jet pribadi yang disebut untuk liburan ke luar negeri (LN) yang baru-baru ini viral di publik.

Hal ini disampaikan KPK untuk menindaklanjuti adanya dugaan bahwa jet pribadi Gulfstream G650ER yang digunakan Kaesang adalah gratifikasi fasilitas dari Garena Online yang merupakan anak perusahaan dari Sea Limited di Singapura.

Alex menyebut bahwa Kaesang tetap bisa diminta untuk melakukan klarifikasi, meskipun ia merupakan anak dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).




Menurutnya, semua masyarakat Indonesia memiliki kedudukan yang sama.

"Kita berprinsip semua orang berkedudukan sama di depan hukum," ujar Alex dikutip dari tayangan YouTube Kompas.com, Rabu (28/8/2024).

Selain itu, Alex menambahkan bahwa permintaan klarifikasi bisa dilakukan apabila terdapat dugaan fasilitas yang diterima oleh Kaesang tersebut berkaitan dengan jabatan keluarga atau orang tuanya sebagai penyelenggara negara.

Ia mengatakan pihaknya telah mengutus Direktur Pelaporan Gratifikasi dan Direktur Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) untuk meminta klarifikasi dari Kaesang.

BERITA TERKAIT

Alex menyebut tindakan ini merupakan langkah tanggap dari KPK terhadap situasi masyarakat Indonesia yang berada dalam krisis politik dan sosial.

"Enggak usah ragu, bahwa kita melaksanakan tugas. Itu menjadi perhatian publik menjadi keprihatinan publik juga, ya kita juga harus peka juga," ujar Alex dikutip dari Kompas.com, Rabu (28/8/2024).

Adapun saat ini publik banyak yang mempertanyakan dan merasa prihatin dengan fasilitas sekaligus gaya hidup mewah dari putra bungsu Presiden Jokowi tersebut.

"Jangan sampai pertanyaan masyarakat itu menggantung, ini apa ini kejadiannya, apakah masuk gratifikasi? Siapa yang memberikan fasilitas itu dan sebagainya harus clear," jelas dia.

Baca juga: Gaya Mewah Kaesang-Erina saat Naik Jet Pribadi Disorot, KPK Minta Putra Bungsu Jokowi Diklarifikasi

Menurut Alex, masyarakat ingin Kaesang memberikan penjelasan mengenai jet pribadi yang digunakannya itu merupakan fasilitas dari pihak tertentu atau membayar sendiri.

Apabila fasilitas tersebut dari pihak tertentu, maka Kaesang harus bisa menjelaskan kapasitasnya saat menerima pemberian tersebut.

"Kalau yang bersangkutan kemudian men-declaire, saya bayar. Ini loh transfer bukti bayar," terang Alex.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas