Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ternyata Israel Sudah Terima 50.000 Ton Bantuan Militer dari AS, Tapi Belum Menang Lawan Hamas

Israel rupanya telah menerima 50.000 ton peralatan militer bantuan dari sekutunya, Amerika Serikat (AS), tapi belum bisa menang lawan Hamas di Gaza.

Penulis: garudea prabawati
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Ternyata Israel Sudah Terima 50.000 Ton Bantuan Militer dari AS, Tapi Belum Menang Lawan Hamas
Responsible Staatecraft
Sejak perang Israel-Hamas pecah, AS sudah mengirim 50.000 ton persenjataan dan peralatan militer kepada Israel berdasarkan data yang diumumkan Kementerian Pertahanan AS, Senin, 26 Agustus 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Amerika Serikat (AS) rupanya telah memberikan bantuan peralatan militer ke Israel capai puluhan ribu ton.

Tepatnya Israel telah menerima 50.000 ton peralatan militer dari AS.

50.000 ton peralatan militer itu dikirim melalui 500 penerbangan dan 107 pengiriman laut.




Dalam sebuah laporan Israel telah menerima pesawat militer AS yang ke-500 sejak dimulainya perang genosida di Jalur Gaza Oktober lalu 2023, kata Kementerian Pertahanan Israel.

“Pesawat ke-500 dalam operasi pengangkutan udara gabungan yang dilakukan oleh Direktorat Produksi dan Pengadaan (DOPP) di Kementerian Pertahanan Israel dan IDF telah mendarat di Israel sebagai bagian dari upaya logistik skala besar yang dimulai dengan pecahnya wabah baru-baru ini. perang,” kata Kementerian Pertahanan Israel, mengutip Palestine Chronicle, Rabu (28/8/2024).

Diketahui peralatan yang dibeli dan diangkut termasuk kendaraan lapis baja, amunisi, alat pelindung diri, dan peralatan medis.

Menurut Kementerian Pertahanan Israel peralatan itu sangat penting untuk mempertahankan kemampuan operasional IDF selama perang yang sedang berlangsung.

BERITA TERKAIT

Tak hanya itu, sejak dimulainya serangan militer di Gaza, AS telah memberikan dukungan diplomatik, intelijen, dan militer yang kuat kepada sekutunya, Israel.

Namun walaupun Israel telah diberikan puluhan ribun ton bantuan peralatan militer oleh AS, hingga saat ini zionis Israel belum mampu mengalahkan kekuatan Hamas di Gaza, juga pejuang-pejuang pendukung kemerdekaan Palestina lainnya.

Termasuk pada laporan sebelumnya, surat kabar Israel Yedioth Ahronoth mengungkapkan terdapat puluhan ribu tentara Israel (IDF) tewas dan terluka selama perang di Gaza.

Laporan yang diterbitkan Minggu (4/8/2024) ini menyebutkan jumlah tentara yang tewas ini tidak kurang dari 10.000 tentara.

Baca juga: Rabi Israel Ingin Hancurkan Masjid Al-Aqsa lalu Tuding Iran Pelakunya: Provokasi Konflik Arab-Iran

Tercatat, puluhan ribu IDF itu terbunuh hingga terluka selama berbulan-bulan pertempuran di Jalur Gaza, bahkan dinyatakan hilang.

Surat kabar itu juga mengungkap sekitar 1.000 tentara kini jadi korban yang menderita fisik dan mental.

Hal itu juga telah tercatat di departemen rehabilitasi Kementerian Keamanan Israel.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas