Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KG Gelar Lestari Awards 2024, Penerapan Inklusivitas Jadi Kunci Bagi Pemenang

Kompas Gramedia Group (KG) menyelenggarakan Lestari Awards 2024 dalam upaya mendorong keragaman, keadilan, dan inklusi.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Erik S
zoom-in KG Gelar Lestari Awards 2024, Penerapan Inklusivitas Jadi Kunci Bagi Pemenang
kontan
Ajang Lestari Award 2024 yang digelar Kompas Gramedia Group (KG). (kontan/*)  

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan EP/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM - Kompas Gramedia Group (KG) menyelenggarakan Lestari Awards 2024 dalam upaya mendorong keragaman, keadilan, dan inklusi.

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas dedikasi Unilever Indonesia dalam mempromosikan inklusivitas dan keberagaman di lingkungan kerja dan masyarakat.




Chief Marketing Officer KG Media, Dian Gemiano, menyatakan bahwa pemilihan pemenang dilakukan secara ketat oleh lembaga audit EY bersama para assessor yang terdiri dari akademisi dan praktisi keberlanjutan.

Baca juga: Diganjar Penghargaan Pemimpin Daerah Awards 2024, Kamarudin Muten: Bukan Akhir Perjuangan

"Kami, KG Media, hanya sebagai penyelenggara. Keputusan sepenuhnya berada di tangan assessor: akademisi, praktisi keberlanjutan untuk menentukan pemenang," jelasnya dikutip dari Kontan, Sabtu (31/8/2024).

Lestari Awards 2024 diadakan juga sebagai bagian dari upaya KG Media untuk mendorong nilai-nilai keberlanjutan (sustainability) di Indonesia.

Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan dan program yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan berkelanjutan.

BERITA TERKAIT

CEO KG Media Andy Budiman menegaskan bahwa Lestari Awards adalah bentuk komitmen KG Media terhadap keberlanjutan.

"Lestari adalah bentuk komitmen KG Media terhadap keberlanjutan. Kami mengajak semua pihak untuk tidak hanya mendengar, tetapi juga bertindak. Mari bersama-sama menciptakan small actions in pursuit of a bigger impact, setiap langkah kecil yang diambil akan membentuk masa depan yang lebih cerah bagi semua," kata Andy.

Inklusivitas Jadi Kunci

Satu di antara penerima penghargaan Lestari Awards 2024 ini adalah Unilever Indonesia.

Kristy Nelwan, Head of Communication sekaligus Chair of Equity, Diversity & Inclusion (ED&I) Board Unilever Indonesia, menjelaskan penerapan inklusivitas menjadi kunci bagi pihaknya dalam upaya keberlanjutan, terutama dengan fokus pada keragaman dan inklusi yang akan membawa perubahan positif bagi masa depan Indonesia.

Dalam mendukung inklusivitas, papar Kristy, pihaknya telah merealisasikan berbagai inisiatif penguatan aspek inklusi, termasuk pelatihan anti kekerasan seksual berbasis gender, intervensi bystander untuk 1.900 karyawan lapangan, kantor pusat, pabrik dan mitra-mitranya, menyelenggarakan kelas bahasa isyarat bagi karyawannya, serta program beasiswa dan mentoring bagi mahasiswa difabel.

Baca juga: Kompas Gramedia Kembali Menggelar Blood For Humanity di Bulan Ramadhan

Selain itu, pihaknya juga berkolaborasi dengan FeminisThemis untuk mendukung perempuan Tuli dalam memperoleh hak-hak mereka, termasuk pengetahuan tentang kesehatan seksual dan reproduksi.

Sebagai wujud komitmen yang lebih luas, perusahaan ini juga telah memastikan aksesibilitas yang lebih baik di seluruh fasilitasnya dan menerapkan kebijakan perekrutan yang inklusif, memastikan kesempatan yang setara bagi semua calon karyawan, termasuk penyandang disabilitas.

Salah satu program yang dilakukan juga dengan bekerja sama dengan Koneksi Indonesia Inklusif (KONEKIN) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan 21 mahasiswa penyandang disabilitas terpilih. Program ini memberikan workshop dan mentoring intensif selama 6 bulan untuk mempersiapkan mereka memasuki dunia kerja.

"Lestari Awards 2024 ini menjadi semangat bagi kami untuk terus berkontribusi dalam perwujudan masyarakat yang lebih adil dan inklusif dengan tiga fokus ED&I kami yaitu keadilan gender, keadilan bagi penyandang disabilitas, serta menghapus segala bentuk diskriminasi dan stigma di lingkungan kerja dan masyarakat. Penghargaan yang mengedepankan transparansi dan integritas seperti Lestari Awards memainkan peran penting untuk mempererat kolaborasi aksi nyata lintas sektor menuju tercapainya SDGs. Penghargaan ini kami sampaikan dan teruskan kepada mitra-mitra kami yang telah bersama-sama mendorong upaya-upaya ED&I," ujar Kristy. (oln/kntn/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas