Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

9.030 Personel TNI-Polri Amankan Kunjungan Paus Fransiskus dan ISF, Alutsista serta Unit K-9 Siaga

Total 9.030 personel Gabungan TNI-Polri siap mengamankan kunjungan Paus Fransiskus dan VVIP ISF di Jakarta, Alutsista hingga Unit K-9 disiagakan.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in 9.030 Personel TNI-Polri Amankan Kunjungan Paus Fransiskus dan ISF,  Alutsista serta Unit K-9 Siaga
Tribunnews.com/Gita Irawan
Apel Gelar Pasukan Gabungan dalam rangka pengamanan VVIP ISF dan kunjungan Paus Fransiskus di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur pada Senin (2/9/2024). Total 9.030 personel Gabungan TNI-Polri siap mengamankan kunjungan Paus Fransiskus dan VVIP ISF di Jakarta, Alutsista hingga Unit K-9 disiagakan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Total 9.030 personel Gabungan TNI-Polri siap mengamankan kunjungan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia dan Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus dan VVIP dalam Indonesia Sustainability Forum (ISF) di Jakarta pekan ini.

Paus Fransiskus direncanakan akan mengunjungi sejumlah kegiatan di Jakarta pada 3 sampai 6 September 2024.

Pangkogabwilhan I selaku Pangkogabpadpam Laksdya TNI Agus Hariadi mengatakan sebanyak 4.300 personel TNI yang disiagakan untuk mengamankan dua ajang tersebut.




Selain itu, kata dia, juga disiagakan sejumlah alutsista sesuai dengan standar pengamanan VVIP.

Hal tersebut disampaikannya usai memimpin Apel Gelar Pasukan Gabungan dalam rangka pengamanan VVIP ISF dan kunjungan Paus Fransiskus di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur pada Senin (2/9/2024).

"Untuk pasukan TNI yang digelar di operasi ini, sekitar 4.300 dengan standar kekuatan alutsista yang sudah ada basicnya," kata dia.

"Ini tentu disesuaikan dengan kehadiran selain Paus tadi, tadi kan kita sampaikan ada bersamaan waktunya dengan ada kegiatan ISF yang akan menghadirkan beberapa pejabat negara dari negara asing setingkat Presiden atau Perdana Menteri. Dan ini masih kita menunggu konfirmasi. Itu sudah ada standarnya," sambung dia.

Baca juga: Umat yang Ikut Misa Suci Akbar di GBK Bersama Paus Fransiskus harus Punya Gelang Tiket

Kolase foto Paus Fransiskus dan gelang undangan misa bersama Paus Fransiskus di GBK Jakarta, 5 September 2024
Kolase foto Paus Fransiskus dan gelang undangan misa bersama Paus Fransiskus di GBK Jakarta, 5 September 2024 (istimewa)
BERITA TERKAIT

Sementara itu, Dankor Brimob Komjen Pol Imam Widodo mengatakan telah menyiagakan sebanyak 4.730 personel kepolisian untuk pengamanan dua ajang tersebut.

Mereka, kata dia, terdiri dari Satgas Pre-emptive hingga anti-teror.

"Jadi untuk kekuatan anggota Polri yang tergelar, sebanyak 4.730 orang. Kita melibatkan mulai dari pre-emptive ya, tergelar dalam Satgas pre-emptive, sampai dengan anti-teror juga. Kita libatkan semua," kata dia.

Dalam apel gelar pasukan gabungan tersebut, sejumlah pasukan dari berbagai satuan TNI dan Polri juga tampak hadir.

Tampak pasukan TNI yang hadir di antaranya dari Paspampres, Kodam Jaya, Satuan Komunikasi dan Elektronika, Polisi Militer, Babinsa, dan BAIS.

Sedangkan dari kepolisian, tampak sejumlah satuan di antaranya Densus 88 Anti-Teror, Brimob, Unit K-9, dan Sabhara.

Baca juga: Gugun Gumilar: Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia Bawa Pesan Perdamaian

Selain itu, hadir juga perwakilan instansi lain yang tergabung dalam operasi pengamaman di dua ajang tersebut di antaranya Basarnas, Damkar, dan Satpol PP.

Digelar juga sejumlah alutsista TNI dan kendaraan taktis Kepolisian.

Sebelumnya Agus dan Imam juga sempat melakukan pemeriksaan pasukan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas