Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Besok Paus Fransiskus Tiba, Jalan dari Bandara Soekarno Hatta ke Kedubes Vatikan Ditutup Sementara

Latif menyebut rekayasa lalu lintas itu melewati ruas Jalan Tol Sedyatmo, Jalan Tol Dalam Kota, jalur Sudirman-Thamrin hingga ke Kedubes Vatikan.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Besok Paus Fransiskus Tiba, Jalan dari Bandara Soekarno Hatta ke Kedubes Vatikan Ditutup Sementara
Kolase Tribunnews/dok. Kompas
Pemimpin tertinggi umat Katolik dunia, Paus Fransiskus, dijadwalkan akan melakukan rangkaian kunjungannya di Indonesia pada awal September 2024 mendatang. Selama di Indonesia, Paus Fransiskus direncanakan akan mengunjungi Masjid Istiqlal dan berdialog dengan tokoh-tokoh lintas agama nasional. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman mengatakan lalu lintas dari Bandara Soekarno-Hatta sampai Kedubes Vatikan ditutup sementara saat Paus Fransiskus melintas, Selasa (2/9/2024).

Latif menyebut rekayasa lalu lintas itu melewati ruas Jalan Tol Sedyatmo, Jalan Tol Dalam Kota, jalur Sudirman-Thamrin hingga ke Dubes Vatikan yang diberlakukan situasional.

Baca juga: Simak Pengalihan Arus di Sekitar GBK Selama Kunjungan Paus Fransiskus




“Seluruh jalur yang dilintasi oleh Bapak Paus ini clear, jadi pada ruas jalan yang akan menuju jalur yang bersamaan tentunya akan kita lakukan penutupan sementara,” ujar Dirlantas, Senin (2/9/2024).

Pihaknya mengimbau, para pengendara memperhatikan pengalihan arus ini.

"Clear saat Paus mendekati sekitar radius 1 kilometer, kita sudah lakukan clear dari pada seluruh kendaraan yang ada,” katanya.

Baca juga: Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia Mulai Besok, Berikut Rekayasa Lalu Lintas saat di Jakarta

Mantan Dirlantas Polda Jakarta Timur itu mengatakan, rekayasa lalin saat Paus melintas diharapkan tidak akan menggangu karena hanya sementara waktu.

BERITA TERKAIT

“Karena ini rangkaian kebesaran jalur memang harus clear tidak boleh ada (mobil) masuk ke tol atau tetap mengalir tapi di jalur arteri,” katanya lagi.

Diberitakan sebelumnya, Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus akan memakai kendaraan taktis (rantis) Maung ketika mengikuti ibadah ekaristi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Paus akan memimpin ibadah ekaristi untuk puluhan ribu umat Katolik yang akan hadir. Dia disebut akan memakai mobil buatan PT Pindad itu untuk menyapa umat.

"Kalau yang diproduksi di Pindad itu kendaraan yang disebut Maung itu adalah kendaraan untuk inspeksi menyapa umat waktu misa di GBK," kata Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus, Ignasius Jonan di Gereja Katedral, Jakarta, Senin (2/9/2024).

Baca juga: Jusuf Kalla Ingatkan Masyarakat Indonesia Sambut Kedatangan Paus Fransiskus

Jonan mengatakan, untuk aktifitas selama di Jakarta, Paus Fransiskus hanya menggunakan mobil Toyota Kijang Zenix.

"Civil car (mobil sipil) yang akan digunakan oleh Sri Paus itu adalah Toyota Kijang Scenics," ungkap mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ini.

Paus Fransiskus rencananya akan mengunjungi Indonesia pada 3 hingga 6 September 2024.

Dalam kunjungannya, Paus Fransiskus dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dia juga akan menggelar ibadah ekaristi atau misa bersama puluhan ribu umat Katolik di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Selain itu, Paus dijadwalkan akan menggelar pertemuan dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal Jakarta, serta beberapa kunjungan lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas