Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kondisi Terkini Kompleks Gelora Bung Karno Jelang Misa Akbar Paus Fransiskus

Misa akbar di SUGBK nanti bakal diikuti oleh 86.000 umat Katolik dari seluruh tanah air dan rencananya dimulai pada pukul 17.00 WIB serta berlangsung

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Kondisi Terkini Kompleks Gelora Bung Karno Jelang Misa Akbar Paus Fransiskus
Tribunnews.com/Reynas Abdila
Suasana kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, hari ini, Senin (2/9/2024) jelang misa akbar dipimpin pemimpin tertinggi Katolik, Paus Fransiskus.  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kompleks Gelora Bung Karno Senayan Jakarta hari ini Senin (2/9/2024) terpantau mulai steril.

Pengamanan tampak diperketat di area Stadion Gelora Bung Karno dan Stadion Madya yang akan menjadi tempat pelaksanaan misa akbar dipimpin Paus Fransiskus, Pemimpin Gereja Katolik Sedunia pada Kamis (5/9/2024) petang.

Misa akbar menjadi salah satu agenda dalam perjalanan apostolik Paus bernama asli Jorge Mario Bergoglio itu ke Tanah Air.

Misa akbar di SUGBK nanti bakal diikuti oleh 86.000 umat Katolik dari seluruh tanah air dan rencananya dimulai pada pukul 17.00 WIB serta berlangsung selama 1,5 jam.

Rencananya, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Kan menampukf sebanyak 60.000 umat Katolik dan sekitar 26.000 umat Katolik lainnya di Stadion Madya.

Pengamanan dari satuan Brimob Polri sudah mulai berjaga-jaga di Kompleks Gelora Bung Karno.

BERITA REKOMENDASI

“Sampai jam 22.00 WIB sudah harus benar-benar steril GBK sampai tanggal 6 September 2024, aktivitas lari masih diperbolehkan hingga nanti malam,” kata petugas penjaga Kompleks Gelora Bung Karno yang enggan disebut namanya kepada Tribun Nerwork, Senin (2/9/2024).

Baca juga: Lukman Edy Tunggu Arahan PBNU Terkait Muktamar PKB Tandingan

Sebelumnya, TNI-Polri menggelar apel gelar pasukan gabungan dalam rangka pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan kegiatan International Sustainability Forum (ISF) 2024 di Jakarta.

Dankorbrimob Polri selaku Kaops Operasi Tribrata Jaya 2024 Komjen Pol Imam Widodo mengatakan Paus Fransiskus ke Indonesia memiliki makna yang sangat penting.

Khususnya terkait dengan penguatan kerukunan hidup antar umat beragama yang perlu terus dijaga dan dikembangkan bersama.

“Sebagaimana kita ketahui rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia sejak tahun 2020 namun rencana ini tertunda akibat pandemi covid-19 yang merebak di seluruh dunia hingga akhirnya kementerian luar negeri Republik Indonesia secara resmi mengumumkan bahwa Paus Fransiskus akan mengunjungi Indonesia yaitu di Jakarta pada tanggal 3 sampai dengan 6 September 2024," katanya di Jakarta, Senin (2/9/2024).

Imam mengatakan, selama berada di Indonesia Paus Fransiskus akan melaksanakan beberapa kegiatan di antaranya pertemuan dengan presiden Republik Indonesia pertemuan dengan otoritas civil society dan diplomatik.

Lalu pertemuan dengan Imam Besar Masjid Istiqlal dan tokoh-tokoh agama lainnya serta perayaan Misa Akbar bersama umat Katolik di GBK.

Baca juga: Persiapan Sambut Paus Fransiskus di Indonesia: Sniper Dikerahkan, Ribuan Bus Disiapkan untuk Misa

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas