Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Paus Fransiskus Dijadwalkan Tiba Pukul 11.30 WIB, 240 Personel Gabungan Bersiaga di Bandara Soetta

Sebanyak 4.730 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan agenda kunjungan kepala negara Vatikan Paus Fransiskus ke Indonesia.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Paus Fransiskus Dijadwalkan Tiba Pukul 11.30 WIB, 240 Personel Gabungan Bersiaga di Bandara Soetta
Kolase Tribunnews.com
Sebanyak 4.730 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan agenda kunjungan kepala negara Vatikan sekaligus pemimpin Gereja Katolik sedunia Paus Fransiskus ke Indonesia. Paus Fransiskus akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Selasa (3/8/2024) pukul 11.30 WIB. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 4.730 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan agenda kunjungan kepala negara Vatikan sekaligus pemimpin Gereja Katolik sedunia Paus Fransiskus ke Indonesia.

Paus Fransiskus akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Selasa (3/8/2024) pukul 11.30 WIB.




"Pengaman terbagi Satgasda berjumlah 3.060 personel, Satgasares 460 personel, BKO TNI, Mabes dan Pemda berjumlah 1.210 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi di Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Wakasatgas Humas Operasi Tribrata Jaya 2024 itu menyampaikan sejumlah sasaran pengamanan sudah dibagi.

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas selama Paus Fransiskus Berkunjung ke Indonesia

Di mana area Bandara Soetta diamankan 240 personel, rute kedatangan dan kepulangan 15 personel, kawasan (Monas-Lapangan Banteng- Bundaran HI-GBK) 1.215 personel, route (Satgas Salrolakir) 306 personel, akomodasi 121 personel, Posko Tribrata Jaya 42 personel, pasukan mobile 90 personel, dan Pamwal VVIP/VIP (Paus Fransiskus dan ISF) 84 personel.

"Untuk rekayasa lalu lintas bersifat situasional melihat eskalasi di lapangan," papar Kombes Ade Ary.

BERITA TERKAIT

Dia mengimbau masyarakat pengguna jalan untuk menghindari beberapa ruas jalan dari pada dua agenda tersebut serta mencari alternatif jalan guna menghindari kepadatan lalu lintas.

Kabid menegaskan kepada anggota agar melaksanakan pengamanan secara humanis.

Sebelumnya, TNI-Polri menggelar apel gelar pasukan gabungan dalam rangka pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan kegiatan International Sustainability Forum (ISF) 2024 di Jakarta.

Dankorbrimob Polri selaku Kaops Operasi Tribrata Jaya 2024 Komjen Pol Imam Widodo mengatakan Paus Fransiskus ke Indonesia memiliki makna yang sangat penting.

Khususnya terkait dengan penguatan kerukunan hidup antar umat beragama yang perlu terus dijaga dan dikembangkan bersama.

Baca juga: Jadwal Paus Fransiskus selama Berkunjung ke Indonesia

“Sebagaimana kita ketahui rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia sejak tahun 2020 namun rencana ini tertunda akibat pandemi Covid-19 yang merebak di seluruh dunia hingga akhirnya kementerian luar negeri Republik Indonesia secara resmi mengumumkan bahwa Paus Fransiskus akan mengunjungi Indonesia yaitu di Jakarta pada tanggal 3 sampai dengan 6 September 2024," katanya di Jakarta, Senin (2/9/2024).

Imam mengatakan, selama berada di Indonesia Paus Fransiskus akan melaksanakan beberapa kegiatan di antaranya pertemuan dengan presiden Republik Indonesia pertemuan dengan otoritas civil society dan diplomatik.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas