Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Selama di Indonesia, Paus Fransiskus Tidak Menginap di Hotel dan Hanya Pakai Mobil Biasa

Pesawat komersial yang ditumpangi Paus Fransiskus berangkat dari Bandara Fiumicino Roma, Italia, Senin (2/9/2024) pada pukul 17.32 waktu setempat.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Selama di Indonesia, Paus Fransiskus Tidak Menginap di Hotel dan Hanya Pakai Mobil Biasa
Vatikan News
Paus Fransiskus tersenyum saat menaiki pesawat komersial berangkat dari Roma Italia ke Indonesia. 

Paus Fransiskus telah memulai Perjalanan Apostoliknya ke Indonesia, Papua Nugini, Timor-Leste, dan Singapura, saat pesawat kepausan lepas landas dari Bandara Fiumicino di Roma.

TRIBUNNEWS.COM, VATIKAN -  Pesawat komersial yang ditumpangi Paus Fransiskus berangkat dari Bandara Fiumicino Roma, Italia, Senin (2/9/2024) pada pukul 17.32 waktu setempat.

Pesawat kepausan dijadwalkan mendarat di Jakarta sekitar pukul 11:30 WIB hari ini.




Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia dan Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus akan memulai  Perjalanan Apostoliknya yang ke-45 ke luar negeri.

Kunjungan 12 hari ke empat negara di Asia dan Oseania akan dimulai dari Indonesia.

"Dan ini menjadi kunjungan terlama yang pernah dilakukan Paus Fransiskus sebagai Penerus Petrus," demikian Vatikan News memberitakan.

Menjelang keberangkatannya dari Casa Santa Marta, Paus bertemu dengan 15 orang tunawisma dan dibantu oleh Departemen Pelayanan Amal.

BERITA TERKAIT

Menurut Kantor Pers Tahta Suci, Kardinal Konrad Krajewski menemani kelompok tersebut ke kediaman Paus untuk kunjungan singkat.

"Siang ini, sesaat setelah pukul 4:00 sore, sekitar lima belas orang tunawisma, baik pria maupun wanita, ditemani oleh Kardinal Konrad Krajewski, Pemberi Sedekah Kepausan, mengunjungi Paus Fransiskus di Casa Santa Marta sebelum keberangkatannya untuk Perjalanan Apostoliknya ke Asia dan Oseania," kata sebuah pernyataan.

Paus kemudian melakukan perjalanan dengan mobil ke bandara, di mana ia menaiki pesawat kepausan.

Saat bertolak, Paus Fransiskus mengirim telegram kepada Presiden Italia, Sergio Mattarella.

"Ketika saya akan memulai Perjalanan Apostolik saya ke Indonesia, Papua Nugini, Timor-Leste, dan Singapura, didorong oleh keinginan untuk bertemu dengan saudara-saudari seiman kita dan semua orang yang, di negara-negara yang kaya akan nilai-nilai kemanusiaan dan spiritual ini, telah menjadi saksi solidaritas, persekutuan, dan dialog bahkan di saat-saat dan situasi yang penuh dengan cobaan, saya dengan senang hati menyampaikan kepada Anda, Tuan Presiden, dan kepada rakyat Italia tercinta, harapan terbaik saya, yang saya sertai dengan harapan tulus untuk perdamaian dan kesejahteraan."

Tidak Menginap di Hotel

Paus Fransiskus dikabarkan tak akan menginap di hotel selama kunjungannya ke Jakarta pada 3-6 September 2024.

"Beliau memilih tinggal di Kedubes Vatikan di Indonesia. Yang di hotel rombongannya," ujar Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, kepada Kompas.com, Senin (2/9/2024).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas