Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Paus Fransiskus Akan Kunjungi Terowongan Toleransi, Imam Besar Istiqlal: Kami Siap

Paus akan mengunjungi terowongan toleransi yang menghubungkan Katedral dan Masjid Istiqlal, semuanya sudah siap.

Penulis: Reza Deni
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Paus Fransiskus Akan Kunjungi Terowongan Toleransi, Imam Besar Istiqlal: Kami Siap
AFP/BAY ISMOYO
Paus Fransiskus melambai dari kendaraan yang berangkat setelah kedatangannya di Bandara Internasional Soekarno?Hatta di Jakarta pada 3 September 2024. - Paus Fransiskus tiba di Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim pada 3 September untuk perhentian pertama tur empat negara di Asia- Pasifik akan menjadi masa kepausan terlama bagi Paus berusia 87 tahun itu, menurut seorang reporter AFP yang bepergian bersamanya. (BAY ISMOYO / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan Pemimpin Gereja Katolik Sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus dijadwalkan berkunjung ke Masjid Istiqlal besok.

"Kami sudah siap semuanya ya, jadi gladi bersih sudah selesai," kata Nasaruddin kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Nasaruddin mengatakan Paus akan mengunjungi terowongan toleransi yang menghubungkan Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal.

Menurutnya, Paus Fransiskus terkesan dengan terowongan tersebut.

"Karena ini kan terowongan toleransi pertama di dunia ya, dan lengkap dengan simbol-simbolnya yang sangat artistik, dia sangat terkesan ingin mengunjungi masuk ke dalamnya," ujarnya.

Nasaruddin menyebut akan ada pertemuan khusus dengan Paus Fransiskus.

"Ya perkembangan terakhir tapi kami juga menyampaikan betapa pentingnya menggunakan Bahasa Agama dalam menyelamatkan lingkungan hidup. Jadi bahasa agama perlu terlibat dalam pelestarian dunia, memelihara lingkungan hidup. Itu poin kita," katanya.

Baca juga: Setara Institute: Kunjungan Paus Fransiskus Momentum Refleksikan Toleransi

BERITA TERKAIT

Adapun pertemuan itu juga akan dihadiri oleh beberapa perwakilan tokoh lintas agama lain.

"Ya karena besok ini kan antar-umat beragama juga banyak jadi doa semua umat beragama juga besok ada," ujarnya.

Diketahui, Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia yang juga merupakan Kepala Negara Vatikan, mengadakan kunjungan di Indonesia.

Pada Selasa (3/9/2024), Paus Fransiskus tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan menaiki pesawat komersil dari maskapai Alitalia.

Program perjalanan dan agenda Paus dalam rentang kunjungan tersebut utamanya untuk jadwaldi Indonesia, secara rinci akan diterbitkan pada waktunya hanya melalui jalur komunikasi resmi Sekretariat Vatikan dan Perwakilan Pemerintah Indonesia yaitu Kementerian Luar Negeri.

Serta turut didukung oleh jalur komunikasi Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus yang dibentuk melalui Keputusan Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).


Sambut Baik Puas Fransiskus

Pemerintah Indonesia menyambut baik rencana Kunjungan Kenegaraan Paus Fransiskus ke Indonesia pada tanggal 3-6 September 2024.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas