Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Antusiasme Warga Sambut Paus Fransiskus di Jakarta, Rela Panas-panasan Hingga Tak Kuasa Tahan Tangis

Seorang guru asal Buton, Sulawesi Tenggara, Ana Nuraulia tak bisa menahan haru ketika bertemu langsung dengan Paus Fransiskus di Gereja Katedral.

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Antusiasme Warga Sambut Paus Fransiskus di Jakarta, Rela Panas-panasan Hingga Tak Kuasa Tahan Tangis
Tribunnews/Rahmat W Nugraha
Jemaat umat Katolik tengah menunggu kedatangan Pemimpin Umat Katolik Dunia Paus Fransiskus ke Gereja Katedral, Jakarta. Mereka ingin melihat lebih dekat pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah warga tampak antusias mengunjungi Gereja Katedral Jakarta, Jakarta Pusat pada Rabu (4/9/2024).

Mereka ingin melihat lebih dekat pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus.

Kemarin, Paus Fransiskus memulai agenda pertamanya di Indonesia dengan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Baca juga: Bapak Paus, Please Bless My Son, Tangis Bahagia Pecah Seketika




Paus berangkat dari Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan di Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir pukul 09.22 WIB.

Ia menaiki Innova Zenix warna putih. Seperti saat kedatangan kemarin, Sri Paus duduk di kursi depan sebelah sopir dan tetap membuka jendela mobilnya sambil melambaikan tangan, menyapa masyarakat yang hadir di pinggir jalan.

Setengah jam sebelum Paus beranjak dari Kedubes Vatikan, meski cuaca cerah dan terik, sejumlah warga sudah memadati trotoar Jalan Medan Merdeka Timur.

Baca juga: Saat Mobil Paus Fransiskus Jalan Perlahan untuk Sapa Warga yang Berbaris di Sekitar Kedubes Vatikan

Ada yang berdiri menanti menyapa Paus dari sisi kiri Kedubes Vatikan, ada juga yang menunggu di sisi seberang, dan juga Jalan Medan Merdeka Selatan.

BERITA TERKAIT

Rute perjalanan Paus dari Kedubes Vatikan menuju Istana Negara yakni melewati Jalan Medan Merdeka Timur, putar balik di depan Kementerian Perdagangan, lalu mengarah ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan menuju Istana Negara lewat kawasan Monumen Nasional (Monas).

Beberapa orang terlihat membawa poster Paus Fransiskus, seraya melambaikan tangan, dengan harapan bisa disapa oleh pemimpin umat Katolik dunia itu.

Sempat ada momen ketika masyarakat yang awalnya menyambut Paus dari sisi Kedubes Vatikan, tiba - tiba menyeberang jalan ke Jalan Medan Merdeka Selatan. Hal ini terjadi setelah kendaraan iring-iringan Sri Paus hendak memutar balik di depan Kemendag.

Sontak, kepolisian langsung memagari ruas jalan dengan jajaran personel berpakaian brimob, seraya mengatur kerumunan agar tak mengganggu jalur kendaraan yang dilintasi Paus menuju Istana Negara.

Salah satu warga yang ditemui di lokasi, Claudia (32) mengajak kawan Katoliknya. Ia sengaja datang melihat langsung Sri Paus dari dekat, berjalan kaki dari kantornya di kawasan Gambir.

"Sengaja mau lihat karena dekat kantor, karena kapan lagi bisa melihat Bapa dari dekat begini," ucapnya.

Claudia dan masyarakat lainnya tampak mengabadikan momen itu dengan gawai masing-masing.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas