Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lengsernya Jokowi Jadi Pemberitaan Internasional, Nama Prabowo Subianto Disebut

Sidang Kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di IKN menjadi pemberitaan media luar negeri

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Lengsernya Jokowi Jadi Pemberitaan Internasional, Nama Prabowo Subianto Disebut
Yeni Safak
Lengsernya Jokowi jadi pemberitaan internasional Yeni Safak 

TRIBUNNEWS.COM - Sidang Kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang digelar di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (13/9/2024) menjadi sorotan dunia.

Satu di antaranya adalah menjadi berita utama media luar negeri, Yeni Safak.

Media asal Turki itu memberikan judul Presiden Indonesia yang akan lengser, Jokowi, menggelar rapat kabinet terakhir di ibu kota baru.




Sebelum sampai kepada isi berita, Yeni Safak memberikan pengantar dengan menuliskan Jokowi akan menyerahkan jabatan presiden bulan depan saat Prabowo Subianto mengambil sumpah sebagai presiden Indonesia berikutnya.

Adapun isi berita media tersebut mengabarkan rapat kabinet terakhir pemerintahan Jokowi yang diadakan di ibu kota baru negara, Nusantara, pada hari Jumat.

Mereka menyebut, Jokowi mendesak para menteri untuk memastikan transisi pemerintahan yang "lancar" ke pemerintahan baru.

"Kita semua harus mendukung penuh program-program presiden terpilih (Prabowo Subianto). Pastikan transisi pemerintahan berjalan efektif," kata presiden Indonesia, diberitakan Yeni Safak.

BERITA TERKAIT

Berikut lengkapnya:

Prabowo menteri pertahanan saat ini, terpilih sebagai presiden awal tahun ini dan akan diambil sumpah jabatannya Oktober.

Ia juga telah mengamankan mayoritas parlemen setelah partai oposisi utama NasDem memberikan dukungannya kepada pemerintahan masa depannya.

Prabowo, mantan jenderal angkatan darat, telah berjanji untuk melanjutkan kebijakan Jokowi, termasuk rencana relokasi ibu kota yang ambisius senilai $32 miliar.

Baca juga: Jokowi Tawarkan 493 Bidang Tanah Seluas 2-3 Hektare di IKN untuk Investor Baru

Sementara itu, dalam sambutannya di hadapan anggota Komisi I DPR yang membidangi urusan luar negeri, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menghimbau para anggota DPR untuk terus mendukung perjuangan Palestina.

"Hadirin sekalian, salah satu isu utama yang saya percayakan kepada Anda sekalian di Komisi I adalah perjuangan Palestina. Kita tidak boleh meninggalkan rakyat Palestina dalam perjuangan mereka untuk hak-hak mereka melawan penindasan," kata Retno saat menghadiri sidang terakhirnya di DPR di Jakarta, menurut Jakarta Globe.

Retno adalah menteri luar negeri wanita pertama Indonesia yang ditunjuk Jokowi pada tahun 2014.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas