Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dipilih PBB Jadi Utusan Khusus Isu Air, Retno Marsudi Efektif Menjabat per 1 November 2024

Utusan Khusus berperan meningkatkan kerja sama dan sinergi internasional di antara berbagai isu soal air, dalam mendukung pencapaian semua tujuan.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Dipilih PBB Jadi Utusan Khusus Isu Air, Retno Marsudi Efektif Menjabat per 1 November 2024
Tangkap layar kanal YouTube MoFA Indonesia
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI), Retno Marsudi. Ia dipilih Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Isu Air. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dipilih oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Isu Air.

Retno akan efektif menjabat posisi itu per 1 November 2024 atau setelah mengakhiri masa jabatannya sebagai Menlu RI.




Pengumuman penunjukan ini disampaikan oleh Sekjen PBB Antonio Guterres pada Jumat, 13 September 2024.

“Walaupun pengumuman mengenai penunjukan saya dilakukan pada hari ini, 13 September 2024, namun saya baru akan mulai bekerja pada 1 November 2024 setelah tanggung jawab saya sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia selesai,” kata Retno dalam keterangan resminya.

Adapun penunjukan sebagai Utusan Khusus Sekjen PBB ini juga telah dikonsultasikan Retno kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto.

Baca juga: Retno Marsudi Ditunjuk Jadi Utusan Khusus Sekjen PBB, Jadi Orang Pertama Indonesia Dalam Sejarah

Presiden Jokowi menyetujui, dan Presiden Terpilih Prabowo juga memberikan dukungan penuh kepada Retno untuk mengemban tugas tersebut.

BERITA TERKAIT

“Ini sudah saya konsultasikan dan mendapat persetujuan Presiden Jokowi. Presiden terpilih Prabowo Subianto juga memberikan dukungan penuh atas penunjukan ini,” ungkapnya.

Retno menegaskan pengalamannya sebagai diplomat selama 40 tahun dan Menlu RI selama 10 tahun akan ia gunakan semaksimal mungkin untuk menjalankan tugas besarnya di tubuh PBB.

“Bismillah, semoga saya dapat menjalankan tugas internasional ini dengan baik,” kata Retno.

Adapun Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Air ini mengemban tugas dalam upaya memastikan masa depan terkait isu air, dengan mengadvokasi kerja sama politik, ekonomi, dan sosial budaya di semua tingkatan.

Utusan Khusus juga berperan meningkatkan kerja sama dan sinergi internasional di antara berbagai isu soal air, dalam mendukung pencapaian semua tujuan dan target.

Seperti menindaklanjuti hasil Konferensi Air PBB 2023, dan memanfaatkan hasil yang dicapai untuk Konferensi Air PBB Tahun 2026.

Dalam mengemban tugas ini, Retno Marsudi akan bekerja sama dengan UN-Water dan anggotanya, dalam mendukung implementasi strategi seluruh sistem PBB tentang air dan sanitasi pada semua tingkatan, serta menjadikan masalah air sebagai agenda politik utama baik di dalam maupun di luar PBB, memobilisasi aksi dan sumber pendanaan guna menangani krisis air dunia, dan mendorong pemenuhan target air demi tercapainya perdamaian, pembangunan, dan hak asasi manusia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas