Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kaesang Ngaku Nebeng Jet Pribadi Teman, tapi KPK Sebut Temannya Tak Ikut, Roy Suryo: Logika Terbalik

Roy menilai pernyataan Kaesang tidak sinkron dengan perkataan KPK terkait apakah dia nebeng atau meminjam jet pribadi rekannya.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Kaesang Ngaku Nebeng Jet Pribadi Teman, tapi KPK Sebut Temannya Tak Ikut, Roy Suryo: Logika Terbalik
Kolase Tribunnews/Ist
Pakar telematika, Roy Suryo (kiri), bicara tentang Ibu Pertiwi hamil tua terkait akun Kaskus Fufufafa dan penggunaan jet pribadi oleh Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (kanan). Roy menilai pernyataan Kaesang tidak sinkron dengan perkataan KPK terkait apakah dia nebeng atau meminjam jet pribadi rekannya. 

TRIBUNNEWS.COM - Pakar telematika, Roy Suryo buka suara terkait pernyataan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep yang mengaku menumpang atau nebeng jet pribadi rekannya saat pergi ke Amerika Serikat (AS) bersama sang istri, Erina Gudono.

Adapun pemilihan diksi nebeng oleh Kaesang ini, oleh Roy, dianggap tidak sinkron dengan pernyataan Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pahala Nainggolan.

Diketahui, dalam pernyataannya, Pahala menyebut bahwa pemilik jet pribadi sekaligus rekan Kaesang berinisial Y tersebut tidak ikut ke AS.

Pahala mengungkapkan ada tiga orang lainnya selain Kaesang yang menumpang jet pribadi tersebut yaitu istrinya, kakak iparnya, dan salah satu stafnya.

"Yang bersangkutan pergi berempat ya," ujar Pahala di Gedung ACLC KPK, Jakarta pada Selasa (17/9/2024) kemarin.

"Nanti kita tanya sama temannya," sambungnya.

Terkait hal ini, Roy menganggap Kaesang, yang mengatakan nebeng alih-alih meminjam jet pribadi karena pemiliknya tidak ikut ke AS, tidak jujur.

BERITA TERKAIT

Lantas, Roy pun mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang mengartikan kata nebeng memiliki kesamaan arti dengan ikut serta.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Kaesang dengan menumpang jet pribadi rekannya tanpa temannya ikut dalam perjalanan tersebut, lebih layak untuk dikatakan sebagai meminjam.

"Agar tidak membuat definisi atau pemahaman seenaknya sendiri, maka menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia): Nebeng adalah ikut serta (makan, naik kendaraan, dan sebagainya) dengan tidak usah membayar."

"Sedangkan -masih menurut KBBI juga- kalau kata pinjam adalah memakai barang (uang dan sebagainya) orang lain untuk waktu tertentu (kalau sudah sampai waktunya harus dikembalikan)," jelas Roy dalam keterangan tertulis kepada Tribunnews.com, Rabu(18/9/2024).

Baca juga: Roy Suryo Bongkar Kaesang-Erina Sempat Nginap di Las Vegas saat ke AS: Mana Ada Nebeng Mampir?

Roy lantas menegaskan bahwa jet pribadi itu dipinjamkan oleh rekan Kaesang kepada Ketua Umum PSI itu lantaran dirinya adalah anak dan adik dari pejabat negara.

Di sisi lain, Roy menilai diksi nebeng yang dipilih Kaesang merupakan pernyataan tidak jujur.

Dia mengungkapkan, jika memang Kaesang hanya sekedar nebeng jet pribadi rekannya, maka tidak mungkin jet pribadi itu digunakan putra bungsu Jokowi itu untuk terbang ke beberapa tempat.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas