Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Sebut Istana Jadi Jubir Keluarga Jokowi usai Singgung Mahfud dan Megawati soal Isu Jet Pribadi

PDIP menyebut Istana sudah seperti juru bicara keluarga Jokowi usai menyinggung soal Mahfud hingga Megawati soal penggunaan jet pribadi.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Suci BangunDS
zoom-in PDIP Sebut Istana Jadi Jubir Keluarga Jokowi usai Singgung Mahfud dan Megawati soal Isu Jet Pribadi
Chaerul Umam/Tribunnews.com
Politisi PDI Perjuangan, Guntur Romli. PDIP menyebut Istana sudah seperti juru bicara keluarga Jokowi usai menyinggung soal Mahfud hingga Megawati soal penggunaan jet pribadi. 

TRIBUNNEWS.COM - Politisi PDIP, Guntur Romli, menyebut Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi, sebagai juru bicara keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menyinggung mantan Menkopolhukam, Mahfud MD dan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, dengan menyamakan mereka seperti putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep dalam dugaan gratifikasi jet pribadi.

Awalnya, Guntur Romli mengungkapkan terkait penggunaan jet pribadi oleh Mahfud sudah diklarifikasi oleh mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut.

Selain itu, sambungnya, soal penggunaan jet pribadi itu juga telah disampaikan oleh Mahfud ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Pak Mahfud kan sudah merespons bahwa beliau termasuk orang yang rajin melaporkan gratifikasi ke KPK. Soal pesawat jet, beliau kan juga sudah menjelaskan secara terbuka, siapa pemiliknya, apa tujuannya dan sebagai apa beliau ke sana," ujar Guntur Romli kepada Tribunnews.com, Rabu (18/9/2024).

Guntur Romli juga menjelaskan terkait Megawati yang menumpang jet pribadi memang pernah dilakukan pada tahun 2015 lalu.

Dia menjelaskan, Megawati memang menumpang jet pribadi milik konglomerat, Tommy Winata setelah empat hari di Bali.

Namun, Guntur Romli menegaskan, Megawati benar-benar hanya menumpang jet pribadi milik Tommy Winata alih-alih seperti putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep yang diduga meminjam jet pribadi untuk pergi ke Amerika Serikat (AS) bersama istrinya, Erina Gudono.

BERITA TERKAIT

"Kalau Ibu Mega kan jelas itu benar-benar nebeng alias menumpang, sama-sama mau ke Jakarta dari Bali," tegasnya.

Lantas, Guntur Romli menyebut, Hasan Nasbi layaknya juru bicara keluarga Jokowi alih-alih sebagai juru bicara kepresidenan.

Baca juga: Eks Pimpinan KPK Sebut Kaesang Hanya Ngeles soal Nebeng Jet Pribadi, Endus Ada Transaksi di Baliknya

Hal tersebut, sambungnya, lantaran Hasan melakukan pembelaan terhadap Kaesang yang kini terjerat dugaan gratifikasi jet pribadi meski dia bukanlah pejabat negara.

Selain itu, Guntur Romli juga menganggap Hasan Nasbi layaknya anak-anak yang tidak ingin disalahkan dan menuding orang lain sebagai kambing hitam.

"Lagipula sekelas Hasan Nasbi itu kok masih kekanak-kanakan, seperti anak-anak yang disalahkan misalnya kemudian untuk membela diri, dia menuding teman-temanya yang lain yang dianggap melakukan hal yang sama. Itu kekanak-kanakan sekali."

"Oh ya, Hasan Nasbi itu juru bicara kepresidenan Jokowi, apa juru bicara keluarga Jokowi?" tegasnya.

Di sisi lain, Guntur Romli juga mengungkapkan pembelaan oleh jubir kepresidenan seperti Hasan Nasbi diduga gratifikasi lain yang diterima Kaesang setelah sebelumnya diduga menerima gratifikasi jet pribadi.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas