Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lima Jurus Calon Rektor UI Heri Hermansyah Terus Menjadikan UI Sebagai Mercusuar Ilmu Pengetahuan 

Heri menyampaikan lima strategi mengembangkan UI agar terus menjadi mercusuar ilmu pengetahuan di Indonesia.

Penulis: Rachmat Hidayat
Editor: Sanusi
zoom-in Lima Jurus Calon Rektor UI Heri Hermansyah Terus Menjadikan UI Sebagai Mercusuar Ilmu Pengetahuan 
HO
Guru Besar Termuda dalam sejarah Fakultas Teknik UI, Prof Dr Ir Heri Hermansyah, ST, MEng, IPU 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) telah menetapkan tiga calon Rektor UI 2024-2029.

Salah satu calonnya yang terpilih adalah Guru Besar Termuda dalam sejarah Fakultas Teknik UI, yaitu Prof Dr Ir Heri Hermansyah, ST, MEng, IPU. 

Heri memperoleh gelar Guru Besar saat berusia 37 tahun pada 2013 yang lalu.

Heri menyampaikan lima strategi mengembangkan UI agar terus menjadi mercusuar ilmu pengetahuan di Indonesia.

Kelima strategi tersebut berdasarkan lima klaster yang telah diamati selama menjadi Dekan FT UI sejak 2022 yang lalu.

Baca juga: Menteri Keuangan Sri Mulyani Luncurkan Buku Biografi No Limits Reformasi Dengan Hati

Pendekatan masalah yang dianalisis oleh Heri yaitu belum mandirinya pendanaan UI dan masih bergantungnya UI pada pendapatan dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa; belum modernnya akses dan kualitas pendidikan, termasuk belum terbentuknya budaya inovasi dan entrepreneur; belum berdampak dan berkelanjutannya riset inovasi dan pengabdian masyarakat;  belum optimalnya kiprah UI dalam persaingan global perguruan tinggi negeri; dan belum optimalnya tata kelola UI.

Selain itu, seperti halnya institusi lain, UI juga harus bergelut dengan pusaran arus problem VUCA (volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity) yang mendera dunia saat ini.

BERITA TERKAIT

Untuk itu, Heri mengusulkan lima strategi untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut. Kelima strategi itu yaitu (1) menempatkan inisiatif kewirausahaan sebagai payung strategi yang mampu memberdayakan, (2) peningkatan akses dan kualitas pendidikan, (3) riset dan inovasi yang berdampak, (4) peningkatan daya kompetitif global, dan (5) transformasi budaya dan tata kelola. 

Pada hilirnya Heri merancang 15 program terobosan unggulan, antara lain reformasi tata kelola, peningkatan dana abadi dengan pengelolaan pada badan pengelola aset dan dana abadi UI, pengembangan karakter unggul budaya bangsa sivitas akademika, peningkatan kualitas talenta dan kewirausahaan mahasiswa, peningkatan kesejahteraan warga UI, rekrutmen talenta global, peningkatan sarana digital dan TI kampus, dan kemitraan strategis berbasis internasionalisasi.

Baca juga: Universitas Indonesia Sediakan Layanan Kesehatan Mental untuk Masyarakat di Halte Transjakarta

"Kami berkomitmen untuk menyiapkan mahasiswa UI dalam menghadapi tantangan global dan memiliki keterampilan, yang diperlukan untuk sukses dalam lingkungan yang berubah dengan cepat," beber Heri. 

Heri menambahkan UI perlu terus mengembangkan budaya akademik yang menghargai transparansi, akuntabilitas, dan kualitas yang unggul. "UI harus terus menjadi mercusuar ilmu pengetahuan, seni, dan budaya yang berdampak positif serta menjadi akselerator kemajuan peradaban masyarakat Indonesia dan dunia," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas