Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dirjen Bimas Hindu Sebut Gusmen Yaqut Telah Menempatkan Kemenag Lebih Moderat dan Inklusif

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau akrab disapa Gusmen telah menempatkan institusinya lebih moderat dan inklusif.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Dirjen Bimas Hindu Sebut Gusmen Yaqut Telah Menempatkan Kemenag Lebih Moderat dan Inklusif
Serambinews.com/ Khalidin Umar/ mch 2024
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dirjen Bimbingan Masyarakat Hindu, Kementerian Agama (Kemenag), Prof. I Nengah Dija menyebutkan bahwa Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau akrab disapa Gusmen telah menempatkan institusinya lebih moderat dan inklusif.

Hal itu disampaikannya sesaat setelah peluncuran Pasraman Sebagai Pusat Penguatan Karakter Berbasis Moderasi Agama yang dilangsungkan di Pura Aditya Jaya, Jl. Daksinapati Raya, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (23/9/2024). 

"Sejak dipimpin oleh Gusmen (Gus Menteri Yaqut), wajah Kemenag lebih inklusif dan moderat. Dan moderasi ini jualah yang menjadi tema sentral Kemenag yang tidak hanya eksklusif melayani satu umat saja, tetapi untuk memberikan layanan keagamaan untuk seluruh umat beragama di Indonesia. Dan hal itu dibuktikan tidak hanya berhenti pada gebrakan saja, tetapi juga kebijakan yang kita rasakan," ujarnya.

 

Ia melanjutkan, termasuk dalam mendorong Pasraman ini sebagai instrumen pendidikan formal dan non formal yang dipunyai oleh umat Hindu yang semirip dengan pendidikan di pondok pesantren.

"Ya, Gusmen turut mendorong Pasraman ini juga agar lebih inklusif dan moderat. Tidak hanya itu, bahkan sampai model kurikulum yang diterapkan di Pasraman ini juga menjadi agenda strategis di Kementerian Agama. Dan barangkali kita harus banyak belajar dari Nahdlatul Ulama, yang telah lama merintis, membangun dan mengembangkan pondok pesantren. Dan kita patut berterima kasih kepada Nahdlatul Ulama yang telah membersamai kita untuk membangun dan mengembangkan moderasi beragama di Indonesia," katanya.

Saat ditanya tentang tantangan pendidikan karakter kalangan GEN Z saat ini, menurutnya tidak hanya dipasrahkan pada institusi pendidikan formal maupun informal.

BERITA TERKAIT

"Ya ini arus besar digitalisasi dan informasi memang telah membawa perubahan, tidak hanya sisi positifnya, tetapi juga menyertakan unsur negatifnya. Nah, untuk mencegah unsur negatifnya, saya rasa perlu kolaborasi semua pihak. Tidak hanya institusi negara saja, tetapi unsur masyarakat terlebih kalangan agamawan. Intinya semua pihak harus berkolaborasi dan mengambil inisiatif," tukasnya.

Di kesempatan itu, Prof. I Nengah Dija hadir mewakili Wakil Menteri Agama RI, Saiful Rahmat Dasuki yang berhalangan hadir oleh sebab harus menghadiri RDP dengan Komisi VIII DPR RI. 

Turut hadir di kegiatan peluncuran itu antara lain, Direktur Pendidikan Hindu Dirjen Bimas Hindu Dr. Trimo dan jajarannya.

Setelah kegiatan peluncuran, kegiatan dilanjutkan dengan Dialog Membangun Karakter Berbasis Moderasi Agama dengan narasumber antara lain tokoh NU, KH. Dr. Firdaus Thurmuji, Dr. Trimo, Tenaga Ahli DPR RI Komisi VIII Anwar Sjani, dan aktivis NU, Hasbyallah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas