Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Eks Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta Dilantik Jadi Sekjen Kemenkumham Gantikan Andap Budhi

Supratman berharap agar jabatan yang diemban Nico dan Andap bisa membawa tanggung jawab yang baik.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Eks Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta Dilantik Jadi Sekjen Kemenkumham Gantikan Andap Budhi
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Pelantikan Irjen Pol Nico Afinta sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI (Sekjen Kemenkumham) di Graha Pengayoman, Kemenkumham RI, Selasa (24/9/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta secara resmi dilantik sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI (Sekjen Kemenkumham).

Upacara pelantikan Nico dipimpin secara langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI Supratman Andi Agtas di Graha Pengayoman, Kemenkumham RI.

Baca juga: Profil Irjen Nico Afinta yang Akan Dilantik Jadi Sekjen Kemenkumham Gantikan Andap Budhi Revianto

Penugasan Nico menjadi Sekjen Kemenkumham tertuang dalam Surat Telegram nomor ST/2098/IX/KEP./2024 tertanggal 20 September 2024 yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Dedi Prasetyo.

Adapun sebelum melakukan pelantikan, Supratman memimpin pembacaan sumpah jabatan.

"Kepada Bapak Nico sebagai Sekretaris Jenderal saudara bukan hanya sekadar pemimpin tapi juga penggerak perubahan," kata Supratman dalam sambutannya, di Graha Pengayoman, Kemenkumham RI, Selasa (24/8/2024).

"Tanggung jawab ini tentu bukan hal yang ringan, tapi saya yakin dengan pengalaman dan kemampuan yang bapak miliki pasti akan mampu meneruskan tongkat estafet kepemimpinan dari yang sebelumnya," sambung dia.

Baca juga: Profil Irjen Nico Afinta, Dimutasi Jadi Ketua STIK Lemdiklat Polri, Eks Kapolda Jatim

BERITA TERKAIT

Nico dilantik sebagai Sekjen Kemenkumham RI menggantikan Komjen Pol Andap Budhi Revianto yang kini menjabat Staf Ahli Bidang Sosial Kemenkumham RI.

Dalam pelantikan tersebut, Supratman berharap agar jabatan yang diemban Nico dan Andap bisa membawa tanggung jawab yang baik.

"Selamat menjalankan tugas dan amanat yang diberikan, pelantikan ini bukan akhir dari sebuah perjalanan tapi sebuah awal langkah untuk kebangsaan," kata Supratman.

Irjen Nico Afinta saat menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur.
Irjen Nico Afinta saat menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur. (Dok. Polda Jatim)

Profil Nico Afinta

Selain pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur, Nico Afinta yang merupakan perwira tinggi Polri juga pernah menempati posisi strategis di Institusi Bhayangkara tersebut.

Nico pernah menjabat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lemdiklat Polri dari April 2023-September 2024, dia juga pernah menjabat sebagai Staf Ahli Sosial Budaya Kapolri selama Oktober 2022-Aprik 2023.

Pada 2020, lulusan Akpol Angkatan 1992 tersebut juga pernah menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Selatan menggantikan Irjen Pol Yazid Fanani.

Adapun dalam upacara pelantikan dan serah terima jabatan itu dihadiri oleh sejumlah pejabat TNI-Polri di antarannya Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran, Kabaintelkam Polri Komjen Syahardiantono. 

Tak hanya itu, hadir Kadivkum Polri Irjen Viktor Theodorus Sihombing, Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan dan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Richard Tampubolon.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas