Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemenag Gelar Pelatihan Pembuatan Font Al-Quran Digital pada 28 September 2024, Ini Biaya Daftarnya

Kemenag akan menggelar Pelatihan Pembuatan Font Al-Qur'an Digital untuk para seniman kaligrafi, berikut informasi terkait pendaftaran dan biayanya.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Kemenag Gelar Pelatihan Pembuatan Font Al-Quran Digital pada 28 September 2024, Ini Biaya Daftarnya
https://kemenag.go.id
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Kementerian Agama akan menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Font Al-Qur'an Digital untuk para seniman kaligrafi pada 28 September 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Kementerian Agama akan menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Font Al-Qur'an Digital untuk para seniman kaligrafi.

Kegiatan ini diharapkan bisa membantu kaligrafer merealisasikan cita-citanya; menulis mushaf Al-Qur’an lengkap 30 juz dengan sentuhan teknologi digital kekinian yang lebih mudah dan praktis.

Pelatihan ini akan dilaksanakan pada 28 September 2024 dari jam 09.00 – 15.00 WIB, di Aula Lt. 4 Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal (BQMI), Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Para peserta dari luar kota juga bisa mengikuti kegiatan ini secara daring (info lebih lanjut bisa menghubungi 081369521000).

"Ini adalah kesempatan yang sangat berharga bagi para seniman kaligrafi untuk bisa berpartisipasi dalam pengembangan font Al-Qur’an digital. Tidak hanya itu, kami juga berharap mereka dapat terus berinovasi dalam karya-karya mereka, sehingga kaligrafi Al-Qur’an dapat menjangkau lebih banyak orang melalui media digital," ujar Saifuddin, penanggung jawab kegiatan, dikutip dari laman kemenag.go.id, Selasa (24/9/2024).

Baca juga: Kemenag Ingin Semua Penyandang Disabilitas Muslim Dapat Akses Al-Quran Braille dan Isyarat

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah awal dalam menghidupkan kembali tradisi penulisan mushaf dengan cara yang lebih modern.

Dengan semakin banyaknya seniman kaligrafi yang terlibat dalam pengembangan font Al-Qur'an digital, diharapkan semakin banyak pula umat Muslim yang dapat mengakses Al-Qur'an dalam bentuk yang lebih praktis dan sesuai dengan kebutuhan zaman.

BERITA TERKAIT

Diketahui sebelumnya, LPMQ telah berhasil mengembangkan font Al-Qur'an dan mengintegrasikannya ke berbagai platform aplikasi, seperti Quran Kemenag versi Android dan iOS, dan software Qur'an in Word.

Aplikasi tersebut telah diunduh oleh lebih dari satu juta pengguna dan terus berkembang sebagai salah satu alat penting dalam penyebaran Al-Qur'an di era digital.

Desainer font digital LPMQ Ishep Misbah, Zamroni Ahbab mengatakan, pengembangan font digital ini tidak hanya soal kemudahan dan aksesibilitas.

Menurutnya, penting untuk memastikan bahwa setiap detail dari penulisan tersebut mengikuti kaidah-kaidah penulisan kaligrafi yang benar.

Baca juga: Perluas Akses Kitab Suci, Kementerian Agama Serahkan Al-Quran Gratis pada MTQ Nasional

Pelatihan Pembuatan Font Al-Quran Digital
Pelatihan Pembuatan Font Al-Quran Digital

Pelatihan Membuat Font Al-Qur'an, dilaksanakan pada:

  • Hari : Sabtu, 28 September 2024
  • Waktu : 09.00-15.00 WIB
  • Tempat : Aula Lt. 4 Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal, Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

*) Peserta dari luar kota bisa mengikuti secara online.

*) Informasi terkait pendaftaran hubungi 081369521000.

Biaya Pendaftaran:

  • Pelajar/Mahasiswa: Rp 100.000
  • Masyarakat umum: Rp 150.000

(Tribunnews.com/Latifah)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas