Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri Bahlil: Penting Pendekatan Baru Menjaga Lingkungan dan Lestarikan Warisan Budaya

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia menegaskan pentingnya pendekatan baru dalam menjaga lingkungan dan melestarikan warisan budaya

Penulis: Willem Jonata
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Menteri Bahlil: Penting Pendekatan Baru Menjaga Lingkungan dan Lestarikan Warisan Budaya
Tribunnews.com/ Taufik Ismail
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Senin, (12/8/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menegaskan pentingnya pendekatan baru dalam menjaga lingkungan dan melestarikan warisan budaya.

Menurut dia, tidak mungkin lagi menggunakan cara-cara lama untuk mewariskan lingkungan yang lestari kepada anak cucu di masa mendatang.

Karenanya, ia mengapresiasi program Jamunomic Ecosystem, sebuah inisiatif yang berdampak positif tidak hanya pada lingkungan dan perekonomian lokal, tetapi juga pada pelestarian budaya Indonesia. 

Program tersebut memberdayakan masyarakat lokal untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan sekaligus melestarikan kekayaan budaya, sehingga menciptakan ekonomi berkelanjutan.

“Tak mungkin kita pakai cara-cara lama untuk mewariskan lingkungan yang lestari kepada anak cucu kita,” ujar Bahlil.

Program Jamunomic Ecosystem merupakan inisiatif MRAT hingga mendapat apresiasi berupa ESG Award 2024 dari Republika untuk kategori Innovation for Cultural Sustainability. 

"Penghargaan ini sangat strategis karena diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang berkomitmen menerapkan praktik ESG dengan baik," lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI

ESG merupakan konsep yang mengedepankan kegiatan pembangunan, investasi, atau bisnis yang berkelanjutan dengan tiga kriteria utama, yakni environmental (lingkungan), social (sosial), dan governance (tata kelola).

Jodi Andrea Suryokusumo mewakili MRAT menerima penghargaan tersebut dari Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria, di Jakarta, Kamis, 19 September 2024.

Turut hadir sejumlah pejabat, termasuk Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Jodi menyatakan Jamunomic Ecosystem tidak hanya berfokus pada penguatan ekonomi, tetapi juga mengajak masyarakat lokal untuk terlibat dalam pelestarian budaya dan lingkungan.

Baca juga: Menteri Bahlil: Penerapan Energi Baru Terbarukan Perlu Komitmen Kuat Tidak Hanya Omon-Omon

"Kami berharap program ini terus berkembang dan memberikan dampak yang lebih luas,” ujar Jodi. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas