Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kasus KKN Soeharto Dianggap Sudah Selesai Setelah Penghapusan Namanya dari TAP MPR RI

Jimly mengatakan penghapusan nama Soeharto dari TAP MPR RI 11/1998 itu menandakan presiden kedua RI itu sudah tidak terbukti secara hukum telah KKN

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Kasus KKN Soeharto Dianggap Sudah Selesai Setelah Penghapusan Namanya dari TAP MPR RI
KOMPAS/JB SURATNO
Presiden Soeharto saat berkuasa. Kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) terhadap Presiden RI ke-2, Soeharto dianggap sudah selesai setelah penghapusan namanya dari Ketetapan MPR Nomor 11 tahun 1998. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) terhadap Presiden RI ke-2, Soeharto dianggap sudah selesai setelah penghapusan namanya dari Ketetapan MPR Nomor 11 tahun 1998.

Adapun penghapusan nama Soeharto dalam TAP MPR 11/1998 tentang perintah agar penyelenggara negara yang bersih dan bebas KKN itu disepakati dalam Sidang Paripurna Akhir Masa Jabatan MPR Periode 2019-2024 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (25/9/2024) lalu.

Baca juga: Nama Soeharto Dihapus Dalam TAP MPR soal KKN, Titiek: Tidak Ada Manusia yang Sempurna

Dari dokumen yang dibuat pimpinan MPR, ada sejumlah dasar kasus KKN mantan presiden kedua RI tersebut dianggap sudah dinyatakan selesai.

Di antaranya, Kejaksaan Agung (Kejagung) RI yang menerbitkan surat ketetapan perintah penghentian penuntutan atau SKP3 pada 2006. Namun, saat itu Kejagung tetap menggugat secara perdata terhadap yayasan milik Soeharto.

Baca juga: MPR Setujui Surat Fraksi Golkar, Presiden Soeharto Tak Lagi Disebut dalam TAP MPR 11/1998

Hasilnya, pengadilan melalui berbagai putusan mulai Putusan Pengadilan Negeri (PN) sampai putusan Peninjauan Kembali (PK) Mahkamah Agung menyatakan Yayasan Supersemar terbukti telah melakukan perbuatan melawan hukum pada 2015 lalu.

Dalam amar putusannya, Yayasan Supersemar diharuskan membayar kerugian kepada negara. Namun, sampai saat ini baru dibayarkan sebagian kepada negara 

BERITA REKOMENDASI

"Dengan mempertimbangkan berbagai fakta hukum diatas maka kami bersepakat terkait dengan penyebutan nama mantan Presiden Soeharto dalam TAP MPR Nomor 11/MPR 1998, secara diri pribadi Bapak Haji Soeharto dinyatakan telah selesai dilaksanakan," kata Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo saat silaturahmi kebangsaan pimpinan MPR RI dengan keluarga Soeharto di Gedung Nusantara IV, Senayan, Jakarta, Sabtu (28/9/2024).

Karena itu, Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, menuturkan upaya hukum kepada Soeharto secara pribadi sudah selesai. Apalagi, ketentuan pasal 77 KUHP juga menjelaskan tuntutan pidana dihapus jika tertuduh meninggal dunia.

"Jadi sudah dilaksanakan, dendam apalagi harus kita pertahankan. Kita adalah bukan bangsa pendendam," jelasnya.

Sementara itu, Anggota MPR RI dari Kelompok DPD sekaligus Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Jimly Asshiddiqie mengatakan penghapusan nama Soeharto dari TAP MPR RI 11/1998 itu menandakan presiden kedua RI itu sudah tidak terbukti secara hukum telah KKN.

"Bahwa pernyataan di dalam TAP MPR nomor 11 terkait Pak Soeharto terlibat KKN itu, itu tidak terbukti secara hukum lagi. Iya bisa ditafsirkan begitu," kata Jimly saat ditemui seusai silaturahmi kebangsaan pimpinan MPR RI dengan keluarga Soeharto.

Jimly menyampaikan bahwa TAP MPR 11/1998 tetap berlaku. Akan tetapi, aturan itu kini bisa ditafsirkan bahwa sudah tidak ada masalah secara hukum lagi yang dilakukan Soeharto.

Dia pun memahami penghapusan nama Soeharto dalam TAP MPR 11/1998 dapat memberikan kekecewaan sejumlah pihak. Akan tetapi, ia menyatakan keputusan itu diambil untuk semangat rekonsiliasi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas