Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Jokowi Anugerahkan Tanda Kehormatan Samkaryanugraha ke Satuan Kapal Selam KRI Nanggala 402

Samkaryanugraha adalah tanda kehormatan yang diberikan kepada kesatuan TNI yang telah berjasa dalam suatu operasi militer dan pembangunan.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Presiden Jokowi Anugerahkan Tanda Kehormatan Samkaryanugraha ke Satuan Kapal Selam KRI Nanggala 402
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan Tanda Kehormatan Samkaryanugraha kepada Satuan Kapal Selam (Satsel) KRI Nanggala 402 TNI Angkatan Laut. Penganugerahan dilakukan di atas KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (RJW – 992), Sabtu (28/9/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan Tanda Kehormatan Samkaryanugraha kepada Satuan Kapal Selam (Satsel) KRI Nanggala 402 TNI Angkatan Laut.

Penganugerahan dilakukan melalui upacara di atas KRI dr Radjiman Wedyodiningrat (RJW – 992), Sabtu (28/9/2024).

Baca juga: Acara Puncak HUT ke-79 TNI pada 5 Oktober 2024 di Monas Jakarta, Ini Rangkaian Kegiatannya

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali mengatakan tanda kehormatan tersebut diberikan negara sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan dan pengabdian KRI Nanggala kepada Indonesia.

"Yang dari mulai dibangun tahun 1981 sampai dengan 2021. Telah beroperasi menjaga kedaulatan dan keamanan perairan negara Indonesia," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Presiden juga sempat berkomunikasi langsung dengan keluarga dari ABK KRI Nanggala baik itu yang sedang bertugas di kapal, maupun yang ada di Surabaya.

Komunikasi dilakukan secara online.

BERITA REKOMENDASI

KSAL mengatakan para keluarga besar dari KRI Nanggala mengucapkan terima kasih pada Presiden Jokowi atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan.

Baca juga: Latgab TNI 2023, Panglima Yudo Pimpin Tabur Bunga Kenang KRI Nanggala-402

"Jadi baik perumahan kemudian material, kemudian spiritual juga didukung juga pendidikan anak-anak dari prajurit-prajurit KRI Nanggala yang gugur pada 2021," katanya.

Samkaryanugraha adalah tanda kehormatan yang diberikan kepada kesatuan TNI yang telah berjasa dalam suatu operasi militer dan pembangunan untuk pertahanan negara dan bangsa. 

Tanda kehormatan ini ditetapkan pada tahun 1968.

KRI Nanggala 402 atau Nanggala II, merupakan kapal selam jenis kelas Cakra Tipe 209/1300. 

KRI Nanggala berada di bawah kendali Satuan Kapal Selam Komando Armada II dan termasuk dalam armada pemukul TNI Angkatan Laut.

KRI Nanggala dinyatakan tenggelam pada Sabtu, 24 April 2021 setelah sebelumnya sempat hilang kontak pada Rabu, 21 April 2021 saat melakukan latihan penembakan torpedo di Laut Bali. 

KRI Nanggala dinyatakan tenggelam setelah ditemukan puing puing di dasar laut. 

Sebanyak 53 awak KRI Nanggala dinyatakan gugur.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas