Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Panglima TNI, 3 Kepala Staf dan Pejabat Tinggi Tabur Bunga di Pusara BJ Habibie & Pahlawan Revolusi

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin Upacara Ziarah Peringatan HUT Ke-79 TNI Tahun 2023 di Taman Makam Pahlawan Utama Kalibata.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Panglima TNI, 3 Kepala Staf dan Pejabat Tinggi Tabur Bunga di Pusara BJ Habibie & Pahlawan Revolusi
Tribunnews.com/Gita Irawan
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin Upacara Ziarah Peringatan HUT Ke-79 TNI Tahun 2023 di Taman Makam Pahlawan Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (4/10/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin Upacara Ziarah Peringatan HUT Ke-79 TNI Tahun 2024 di Taman Makam Pahlawan Utama Kalibata, Jakarta Selatan pada Jumat (4/10/2024).

Setelah upacara dan mendoakan arwah para pahlawan, Agus beserta KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, KSAU Marsekal Tonny Harjono serta sejumlah Perwira Tinggi TNI yang bertugas di jajaran Mabes TNI melaksanakan tabur bunga di pusara para pahlawan.

Baca juga: VIDEO Gladi Bersih Jelang HUT Ke-79 TNI, Ada Atraksi 200 Penerjun Payung Hingga 1.500 Drone

Pertama, Agus meletakan karangan bunga dan menaburi bunga di makam Presiden RI ke-3 Almarhum Prof. DR. Ing. B.J. Habibie.

Kemudian, para istri pejabat TNI juga menaburi bunga di pusara Hasri Ainun Habibie di sebelahnya.

Selanjutnya, Agus dan tiga Kepala Staf TNI juga melakukan tabur bunga bergantian di makam Wakil Presiden keempat RI Jenderal TNI (Purn) Umar Wirahadikusumah, mantan Menhankam/Pangab Jenderal TNI Purn Edi Sudradjat, dan mantan Panglima TNI Jenderal Besar TNI (Purn) AH Nasution.

Tampak juga Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Richard TH Tampubolon menaburi bunga di pusara Pahlawan Revolusi di antaranya Jenderal TNI Ahmad Yani dan Letjen TNI (Anumerta) RD Soeprapto.

BERITA REKOMENDASI

Ziarah Nasional dan Tabur Bunga juga dilaksanakan secara serentak di satuan-satuan lain di seluruh Indonesia.

Usai tabur Bunga, Agus mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka HUT ke-79 TNI.

Ia berharap di usia yang ke-79 tahun ini, Prajurit TNI bisa menjadi prajurit yang profesional.

Baca juga: Antusias Melihat Parade Alutsista HUT TNI, Masyarakat Naik ke Atas Mobil Tempur

"Tentunya kalau prajurit profesional harus well-paid jadi harus mendapat kesejahteraan yang baik, well-trained latihan yang baik, well-equiped untuk diperlengkapi yang baik sehingga prajurit itu akan profesional," kata Agus.

Ia pun menanggapi sejumlah masukan masyarakat terkait dengan masih adanya oknum-oknum prajurit yang masih terlibat kasus hukum atau kekerasan.

Agus berharap dengan tercapainya prajurit profesional sesuai dengan visinya tersebut, maka perilaku prajurit dapat semakin baik. 

"Dengan prajurit yang profesional, ya kita harapkan tingkah laku prajurit semakin baik, karena diperlengkapi dengan baik, dilatih dengan baik, Dansat memberikan penyuluhan tentang hukum, tentang HAM kaya gitu, dan membentuk organisasi-organisasi yang tadinya tidak ada supaya untuk kebaikan organisasi di internal TNI," kata dia.

Sebagaimana diketahui, TNI akan menggelar Puncak Peringatan HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas Jakarta Pusat pada Sabtu (5/10/2024).

Dalam peringatan Puncak HUT Ke-79 TNI tersebut upacara akan dipimpin Presiden RI Joko Widodo, demonstrasi dan atraksi bela diri dan operasional alutsista TNI, pawai alutsista, serta hiburan dan makan gratis bagi masyarakat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas